5 Tempat Wisata Sumbawa, Jelajah Pulau Terbesar di Nusa Teggara Barat

0
3
Desa Mentar
Desa Mentar

5 Tempat Wisata Sumbawa, Jelajah Pulau Terbesar di Nusa Teggara Barat

Tempat wisata Sumbawa tidak jauh dari wisata bahari. Di sana terdapat pantai pantai berpasir putih yang bahkan diakui sebagai destinasi Surfing internasional. Namun selain pantai ada juga wisata alam Berupa gua. Juga ada wisata kebudayaan berupa Desa Tradisional dan situs megalitikum.

Sekilas Soal Sumbawa
Pulau Sumbawa yaitu sebuah pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat memisahkan dengan Pulau Lombok, Selat Sape di sebelah timur memisahkan dengan Pulau Komodo. Kota terbesarnya yaitu Bima, yang berada di bab timur pulau ini.

Pulau ini mempunyai luas 14.386 km2, dan merupakan pulau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat, serta salah satu dari dua pulau utama di provinsi tersebut. Titik tertingginya yaitu Gunung Tambora (2.824 m), yang juga merupakan gunung api aktif.

Keunikan yang dimiliki Sumbawa yaitu pulau Bungin yang termasuk dalam wilayah kecamatan alas, kabupaten sumbawa. Pulau Bungin merupakan pulau terpadat di dunia yang mempunyai kepadatan 15000 jiwa/km persegi.Hal ini terjadi alasannya yaitu luas Pulau Bungin tidak hingga 8 hektare dan ditempati sekitar 3000 jiwa.

Tersedia bermacam-macam moda transportasi ke Sumbawa, ada jalur darat dengan bus serta jalur udara dengan pesawat. Baik tujuan selesai Lombok maupun Sumbawa, langkah pertama, harus menempuh perjalanan dari kota asal menuju Lombok terlebih dahulu sebelum karenanya melanjutkan ke Sumbawa.

5 Tempat Wisata Sumbawa
Istana Tua Dalam Loka

Berdiri kokoh di tengah Kota Sumbawa Besar, Istana Dalam loka merupakan tempat wisata Sumbawa yang menjadi saksi sejarah kejayaan Kesultanan Sumbawa. Dibangun pada tahun 1885, pembangunan bangunan yang berarti istana bau tanah ini diprakarsai Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III yang menjadi Sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Bawa.

Berbentuk rumah panggung dengan luas bangunan 904 M2, Istana Dalam Loka terlihat megah. Istana yang dibangun dengan materi kayu ini mempunyai filosofi “adat berenti ko syara, syara barenti ko kitabullah”, yang berarti semua hukum akhlak istiadat maupun nilai-nilai dalam sendi kehidupan tau Samawa (masyarakat Sumbawa) harus bersemangatkan pada syariat Islam.

Bangunan utama tempat wisata Sumbawa ini berupa bala rea yang dibangun dengan kayu jati merupakan pengganti kediaman raja yang dulu pernah terbakar. Dibangun dengan sistem baji, bangunan ini mempunyai tingkat kelenturan yang tinggi apabila terjadi gempa bumi.

Awalnya, Istana Dalam Loka berfungsi sebagai kediaman raja. Fungsi itu berubah semenjak dibangunnya istana gres pada tahun 1932. Kini, Dalam Loka berfungsi menjadi cagar budaya yang mengingatkan jikalau dahulu pernah berdiri Kesultanan Sumbawa yang pernah berjaya pada zamannya.

Lokasi: Kota Sumbawa Besar, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat,
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-17.00

Istana Bala Kuning

Bala Kuning yaitu sebuah rumah besar bercat kuning yang merupakan kediaman Sultan Muhammad Kaharuddin III sesudah turun tahta, hingga dia wafat. Di tempat wisata Sumbawa Bala Kuning tersimpan banyak sekali benda peninggalan warisan kekayaan Kesulatanan Sumbawa.

Istana kesultanan ini terdiri atas bangunan induk, keputrian, pavilion yang bersambung dengan ruang makan dan dapur, serta sebuah bangunan yang disebut Bale Belo. Di salah satu sudut rumah terlihat lampu hias yang merupakan sumbangan petinggi Belanda kepada Sultan pada masa itu.

Adapun warna kuning yang mendominasi istana tempat wisata Sumbawa ini yaitu lambang dari Kesultanan Sumbawa.

Istana Bala Kuning juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda pusaka Kesultanan Sumbawa. Benda-benda pusaka ini berupa “Parewa Kamutar” Lambang Kebesaran Kesultanan, “Parewa Tokal Adat Ode” piranti upacara kesultanan, pakaian kebesaran dan singgasana, aneka keris, tombak, dan senjata pusaka lainnya.

Tempat wisata Sumbawa ini juga menyimpan banyak sekali jenis keramik kuno, piranti makan, foto-foto sejarah dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, di sini juga disimpan Al Alquran goresan pena tangan Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi yang dibentuk pada sekitar tahun 1784. Al Qur’an ini berlapiskan emas, perak dan perunggu serta dalam kondisi yang masih sangat baik.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Pantai Karang Sari

Lokasi: Jl. DR. Wahidin No.21, Seketeng, Kec. Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-14.00

Desa Mantar

Posisinya yang berada di ketinggian membuat Mentar menerima julukan sebagai Negeri di Atas Awan. Dari desa tempat wisata Sumbawa ini, pengunjung mampu melihat Pulau Lombok dengan Puncak Gunung Rinjani di kejauhan serta hemparan lembah hijau di kaki bukit yang menakjubkan.

Belum lagi pulau-pulau kecil di sekitarnya yang bertebaran terhubung dengan lautan. Seperti Pulau Kenawa, Pulau Mendaki, Pulau Paserang, Pulau Belang, Pulau Ular, Pulau Nako dan Pulau Kalong.

Paralayang yaitu salah satu cabang olahraga yang penuh tantangan. Atlir para layang mampu terbang di atas Mantar. Melaju bersama angin dan menikmati pemandangan yang tak terlupakan. Landasan Paralayang Mantar merupakan salah satu spot terbaik dunia selain di Palu Sulawesi Tenggara.

Desa tempat wisata Sumbawa yang berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut itu punya banyak sisi cantik. Termasuk budaya dan keseharian warga setempat. Sebagian dari mereka berprofesi sebagai penyuling emas. Penjual masakan khas mirip sepat dan singian ada di mana-mana.

Lokasi: Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat
Tiket: –
Jam Buka: 24 jam

Desa Tepal

Sebuah desa di Pegunungan Batulanteh, Sumbawa, memegang teguh tradisi yang telah diturunkan dari para leluhurnya. Di ketinggian mencapai 900 mdpl, masyarakat bahwasanya membuat suasana yang serasi di lingkungan desa. Hawa yang sejuk dan hijau membuat desa ini sangat nyaman untuk dikunjungi.

Desa Tepal merupakan desa yang sumber kekayaan alam yang sangat melimpah. Masyarakat desa tepal sangat ramah serta gampang bergaul dengan siapapun. Desa Tempat wisata Sumbawa ini menyuplai Kopi terbesar di kabupaten sumbawa besar.

Tanjakan dan turunan curam menjadi sahabat setia dalam perjalanan menuju desa ini. Jurang di kanan-kiri jalan serta pepohonan yang rindang menjadi pemandangan yang indah untuk disaksikan. Perbukitan yang mengelilingi jalan membuat mata kita seakan dimanjakan untuk terus memandangi alam nusantara.

Rumah yang terbuat dari bambu atau kayu menjadi pilihan masyarakat dalam membangun tempat tinggal. Sistem tradisional yang dijalankan juga masih terlihat dalam kehidupan sehari-hari warga desa.

Berkeliling menikmati suasana Desa Tepal dari dalam akan membuat perjalanan mengunjungi desa sangat menyenangkan. Melihat dan mempelajari perempuan Tepal duduk di teras rumah sambil membuat anyaman tikar dari daun pandan membuat perjalanan mengunjungi Desa Tepal akan sulit untuk dilupakan

Lokasi: kecamatan Batu Lanteh, kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara barat
Tiket: –
Jam Buka: 06.00-18.00

Pantai Lakey

Pantai Lakey di Pulau Sumbawa, unik dibandingkan dengan spot-spot surfing di tempat lain. Pantai tempat wisata Sumbawa ini mempunyai ombak kidal-nya. Istilah ombak kidal alasannya yaitu mempunyai arah ombak sapuan ke kiri bukan ke kanan sebagaimana umumnya pantai lainnya.

Keunikan tempat wisata Sumbawa ini juga didukung dengan keindahan pantai yang sudah terkenal. Terutama di kalangan penyuka selancar atau surfing. Angin laut yang terbilang kencang di daerah ini juga mendukung kegiatan surfing, wind surfing, atau kite surfing.

Pantai Lakey punya menara yang terletak di ujung pantai, sehingga para fotografer mampu mengabadikan gambar melalui tower tersebut. Pada animo lomba, tower ini dipakai oleh para juri untuk menilai para penerima lomba surfing yang tiba dari banyak sekali negara.

Tempat wisata Sumbawa Pantai Lakey, yaitu spot untuk sunset dan sunrise. Letak sunset ada di sebelah kiri pantai dan sunrise ada di sebelah kanan pantai. Pencinta fotografi sebaiknya semalam di sini, alasannya yaitu mampu mengabadikan sunset dan sunrise sekaligus.

Pantai Lakey mempunyai empat jenis ombak yang disebut-sebut oleh para peselancarnya, yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Jenis yang paling menantang dan andal untuk berselancar yaitu Lakey Peak alasannya yaitu menyuguhkan tantangan ombak dari arah kiri maupun kanan.

Lokasi: Jambu, Pajo, Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Tiket: 15.000
Jam Buka: 24 jam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here