5 Tempat Wisata di Puncak dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

0
14
Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas

5 Tempat Wisata di Puncak dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Terletak hanya sekitar 70 kilometer dari Jakarta, Puncak merupakan tempat wisata yang selalu padat setiap selesai minggu. Selain lokasinya yang dekat, udara di daerah ini juga sejuk – satu hal yang tidak mampu ditemui di kota besar yang padat polusi mirip Jakarta. Faktor ini menciptakan Puncak menjadi salah satu solusi liburan singkat dengan biaya yang relatif tidak terlalu tinggi. Selain itu, dengan banyak sekali jenis tempat wisata yang dimilikinya, Puncak merupakan tujuan sempurna bagi keluarga dan rombongan. Daerah ini juga populer di kalangan turis Asia dan Timur Tengah, oleh alasannya itu, jangan heran apabila menemukan toko-toko atau pelayanan jasa yang memakai bahasa Arab di spanduk dan penawarannya.

Jalur Puncak berada di perbatasan antara Bogor dan Cianjur dengan suhu harian berkisar antara 14 – 18 derajat celcius, dan mampu lebih sejuk lagi pada malam hari. Karena padatnya pengunjung setiap masa liburan, Puncak memberlakukan sistem jalur buka-tutup untuk mengatasi kemacetan. Bagi Anda yang ingin berlibur ke daerah Puncak, disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai sistem buka-tutup jalan ini. Untuk menyampaikan citra mengenai tempat wisata di Puncak, berikut ialah 25 tempat wisata di Puncak yang wajib Anda kunjungi:

1. Taman Safari Indonesia

Seperti namanya, Taman Safari Indonesia menunjukkan sensasi berpetualang di alam liar dengan hewan-hewan buas. Ini ialah tempat wisata di Puncak yang sempurna untuk membawa belum dewasa dan keluarga. Di bab kebun binatang dari Taman Safari Indonesia, terdapat binatang liar mirip singa, harimau, gajah, jerapah, zebra, dan unta. Yang menarik, bukan hewannya yang dimasukkan ke dalam kandang, tetapi pengunjung yang masuk ke habitat buatannya dengan memakai kendaraan beroda empat atau bus.

Selain bertemu dengan binatang eksotis, Anda dan keluarga juga mampu menikmati wahana permainan yang seru serta bak renang yang menyegarkan sehabis seharian berpetualang. Selain itu, Taman Safari Indonesia juga menyediakan tur siang dan malam. Pada malam hari, biasanya Anda mampu bertemu dengan binatang nokturnal yang jarang terlihat pada siang hari. Biaya tiket masuk Taman Safari Indonesia untuk 1 orang sampaumur ialah sebesar Rp150.000 dan Rp140.000 untuk anak-anak. Anda mampu mengunjungi tempat wisata di Puncak yang satu ini di Jalan Raya Puncak nomor 601, Cisarua, sekitar 10 menit dari pintu tol Ciawi.

2. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati km 7, Kabupaten Cianjur. Dibangun pada tahun 1992, taman indah ini merupakan salah satu taman tematik pertama di Indonesia. Saat ini, Taman Bunga Nusantara mempunyai lebih dari 2.000 spesies anggrek yang dibudidaya dengan baik.

Di tempat wisata di Puncak ini, pengunjung mampu mengunjungi taman-taman dengan tema tertentu mirip contohnya Taman Mediterania yang mempunyai koleksi kaktus dan tumbuhan yang mampu tumbuh di hamparan pasir putih, Taman Bali yang bernuansa mirip di Bali, Taman Mawar dengan bunga mawar banyak sekali warna, Taman Air dengan banyak sekali jenis bunga teratai, Taman Jepang, Taman Prancis, serta Taman Labirin yang mampu dijelajahi.

BACA JUGA:  6 Tempat Wisata di Ciwidey Bandung Paling Indah dan Menarik

Untuk masuk ke Taman Bunga Nusantara, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp30.000 per orang. Beberapa taman tematik memerlukan tiket suplemen tetapi dengan harga yang sangat murah yaitu Rp10.000 per orang.

3. Danau Lido

Terletak di Jalan Raya Sukabumi, Desa Wates Jaya, Bogor, Danau Lido merupakan tempat rekreasi keluarga yang lengkap. Memanfaatkan danau alami yang luas dan bersih, Danau Lido kini mempunyai tempat penginapan, rumah makan, dan banyak sekali permainan air.

Jika Anda tiba bukan untuk menginap, Anda mampu menjelajahi danau dengan memakai bahtera naga, rakit, dan becak air. Beberapa aktivitas lain yang juga ada di Danau Lido ialah luncur gantung, layang gantung, memancing, dan mengendarai ATV di jalur yang sudah disediakan. Untuk masuk ke daerah danau ini, pengunjung hanya diwajibkan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Namun, semua kegiatan, penginapan, dan rumah makan mempunyai harga masing-masing.

4. Puncak Pass Resort

Puncak Pass Resort ialah sebuah hotel dan restoran yang terletak di Jalan Raya Puncak km 90, Cipanas. Sebagai salah satu hotel tertua di Puncak, Puncak Pass menjadi landmark populer dikala melewati Jalan Raya Puncak. Hotel ini menghadap ke lereng gunung dan menunjukkan pemandangan indah dari jendela kamar.

Puncak Pass Resort mempunyai tiga tipe kamar yaitu Superior, Deluxe, dan Suite yang mampu Anda sewa dengan harga mulai Rp800.000 per malam. Pengunjung mampu menikmati keindahan hamparan perkebunan teh dari restoran Puncak Pass dengan masakan khas Indonesia.

5. Seruni Hotel

Sama mirip Puncak Pass, Seruni Hotel juga merupakan penginapan yang ada di daerah Puncak. Harga yang ditawarkan oleh hotel ini sebetulnya tergolong murah, yaitu mulai dari Rp500.000 per malam. Namun, keindahannya yang terletak persis di antara dua gunung tidak tertandingi oleh pemandangan dari hotel lain. Oleh alasannya itu, hotel ini selalu penuh bahkan di luar masa liburan.

Bagi Anda yang ingin mencicipi keindahan pemandangan dan kesegaran udara di Seruni Hotel, sebaiknya pesan kamar dari beberapa ahad sebelum keberangkatan. Hotel ini mempunyai dua gedung penginapan, dengan bak renang besar dan permainan anak di tengah kompleks hotel tersebut. Dengan akomodasi yang memadai, seluruh anggota keluarga niscaya akan berlibur dengan nyaman di Seruni Hotel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here