43 Rekomendasi Wisata di Tulungagung

0
114

43 Rekomendasi Wisata di Tulungagung

Tulungagung merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan dengan Kabupaten Samudra Hindia di bagian selatan. Selain itu, Kabupaten Tulungagung juga berbatasan dengan Kabupaten Kediri di sebelah utara, kemudian Kabupaten Blitar di sebelah Timur, serta Kabupaten Trenggalek di sebelah Timur. Secara topografi, Kabupaten Tulungagung didominasi oleh pegunungan, yang merupakan bagian dari rangkaian pegunungan kidul. Lain dari pada hal tersebut, Kabupaten Tulungagung juga terkenal memiliki tempat-tempat wisata yang indah, di antaranya pesona pegunungan dan pesona pantai dan lautan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai tempat wisata di Tulungagung, apa saja tempat wisata tersebut? Simak sampai habis ya gaes.

  1. Bukit Jomblo
Bukit Jomblo
Bukit Jomblo

Destinasi wisata Tulungagung Bukit Jomblomerupakan salah satu tempat wisata yang sedang ramai di media sosial. Objek wisata ini menawarkan pemandangan pegunungan yang sangat indah. Terlebih lagi, wisata ini juga menyediakan spot foto yang sangat instargramable, salah satunya sangkar burung. Tertarik mengunjungi objek wisata Tulungagung terpopuler ini?

  1. Pantai Cacar
Pantai Cacar
Pantai Cacar

Tempat wisata di Tulungagung yang pertama adalah Pantai Cacar. Pantai ini sangat unik, karena memiliki air terjun di samping bibir pantai. Pantai ini memiliki pasir putih, dan dikelilingi oleh tebing-tebing kokoh. Pantai ini berlokasi di Desa Pucanglabang, Kecamatan Pucanglabang, Kabupaten Tulungagung, dan lumayan dekat dengan Pantai Lumbung dan Pantai Molang.

  1. Pantai Godeg
Pantai Godeg
Pantai Godeg

Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Pantai Godeg memiliki garis pantai yang lumayan panjang, pasirnya putih bersih dan lembut. Objek wisata ini juga sering dijadikan lokasi camping. Untuk menuju lokasi ini, membutuhkan perjuangan ekstra karena kondisi jalannya masih terjal dan lumayan sulit di jangkau. Objek wisata ini berlokasi di Desa nGrejo, Kecamatan Tanggungunung, Kabupaten Tulungagung.

  1. Pantai Dlodo
Pantai Dlodo
Pantai Dlodo

Pantai Dlodo merupakan salah satu pantai terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Tulungagung. Pantai ini cukup unik, karena dikelilingi oleh gumuk pasir. Pantai eksotis ini berlokasi di Desa Dlodo, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung.

  1. Pantai Popoh
Pantai Popoh
Pantai Popoh

Wisata Pantai di Tulungaungini berlokasi di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Objek wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah. Dari bibir pantai, Anda akan melihat kapal-kapal sedang sibuk menangkap ikan di sekitar lokasi pantai.

  1. Pantai Sidem
Pantai Sidem
Pantai Sidem

Wisata alam Tulungagung ini berlokasi di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, atau berjarak sekitar 2 Km dari Pantai Popoh. Objek wisata ini juga cukup terkenal dengan nama kampung nelayan. Selain itu, kalian juga dapat melihat industri pengolahan ikan asin dan terasi.

  1. Pantai Brumbun
Pantai Brumbum
Pantai Brumbum

Pariwisata Tulungagung yang satu ini bernama Pantai Brumbun. Objek wisata ini berlokasi di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai Brumbum memiliki pasir pantai berwarna abu-abu, dan di beberapa spot cenderung berwarna hitam. Ombak yang menghantam Pantai Brumbum relatif tenang, sehingga dapat digunakan untuk bermain air.

  1. Pantai Sine
Pantai Sine
Pantai Sine

Tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur ini bernama Pantai Sine. Lokasinya terletak di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini memiliki pantai berbentuk teluk, dan pasir pantainya cenderung berwarna hitam. Di sekeliling pantai, kalian dapat melihat tebing-tebing bebatuan yang sangat indah. Tertarik untuk mengunjunginya?

  1. Pantai Molang
Pantai Molang
Pantai Molang

Objek wisata di Tulungagung Pantai Molang berlokasi di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucang, Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini memiliki pasir putih yang indah, serta memiliki lanskap yang sangat indah. Objek wisata ini juga sering digunakan sebagai lokasi camping. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh Anda dan keluarga.

  1. Pantai Klatak
Pantai Klatak
Pantai Klatak

Tempat wisata di Tulungagung Jawa Timur ini bernama Pantai Klatak. Lokasi pantai ini terletak di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini memiliki panorama alam yang indah. Di sepanjang bibir pantai, tersebar bebatuan dengan ukuran sedang. Ombak yang menghantam pantai ini berukuran sedang. Bagi kalian yang memiliki hobi olah raga volly pantai, kami rekomendasikan untuk mengunjungi pantai ini.

  1. Pantai Gerangan
Pantai Gerangan
Pantai Gerangan

Pantai Gerangan merupakan salah satu tempat wisata Tulungagung terbaik.Objek wisata ini memiliki pemandangan yang sangat memesona. Pasir pantainya berwarna putih, dipadukan dengan lautan yang berwarna kebiruan. Selain itu, wisata ini juga memiliki ombak yang relatif sedang. Objek wisata ini berlokasi di Dusun Wonokoyo, Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggung, Kabupaten Tulungagug.

  1. Pantai Sanggar
Pantai Sanggar
Pantai Sanggar

Tempat wisata di Tulungagung yang indah ini bernama Pantai Sanggar. Pantai ini juga memiliki pesona alam yang tidak kalah memukau. Objek wisata ini memiliki pasir putih bersih. Selain itu, Pantai Sanggar juga memiliki ombak yang relatif sedang, sehingga tidak terlalu berbahaya untuk dijadikan lokasi bermain air. Wisata Pantai Sanggar berlokasi di Ds.Jengglung Harjo, Kec.Tanggunggunung, Kab. Tulungagung.

  1. Pantai Ngalur
Pantai Ngalur
Pantai Ngalur

Pantai Ngalur berlokasi di Desa Jangglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kebupaten Tulungagung. Objek wisata ini memiliki pasir berwarna kecoklatan, dan di samping kanan dan kiri terdapat sebuah bukit yang banyak ditumbuhi pepohonan. Ombak di pantai ini juga lumayan tenang, sehingga dapat digunakan untuk bermain air.

  1. Pantai Coro
Pantai Coro
Pantai Coro

Nama pantai ini sedikit unik, dalam bahasa jawa, istilah“coro” memiliki arti “kecoak”. Terlepas dari nama yang unik tersebut, Pantai Coro ternyata memiliki pesona alam yang menawan. Pantai ini memiliki panjang 400 meter, pasirnya berwarna putih dan lembut, sehingga nyaman di kaki. Selain itu, pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Pantai Coro terletak di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

  1. Pantai Lumbung
Pantai Lumbung
Pantai Lumbung

Pantai Lumbung berlokasi di Desa Pucangglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini memiliki panorama alam yang indah. Pantai ini semakin indah apabila kalian memperhatikan barisan karang yang terletak di sepanjang bibir pantai. Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi kalian yang menyukai fotografi.

  1. Pantai Pathok Gebang
Pantai Pathok Gebang
Pantai Pathok Gebang

Tempat wisata Tulungagung terbaru ini berlokasi di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini masih sangat asri, karena belum banyak diketahui publik. Pantai ini juga menjadi salah satu objek wisata yang sedang hits di Instagram.

  1. Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang
Pantai Kedung Tumpang

Objek wisata yang satu ini bernama Pantai Kedung Tumpang. Lokasinya terletak di Desa Kedung Tumpang, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Wisata Tulungagung Kedung Tumpang ini tergolong sebagai pantai yang sangat unik, karena memiliki kolam di bibir pantai. Kolam tersebut terletak di sebuah cekungan karang yang menjorok ke laut. Selain itu, Pantai Kedung Tumpang juga memiliki ombak yang relatif sedang, sehingga dapat digunakan untuk bermain air. Tertarik mengujungitempat wisata di Tulungagung Kedung Tumpang ini?

  1. Tebing Banyu Mulok
Tebing Banyu Mulok
Tebing Banyu Mulok

Tebing Banyu Mulok berlokasi di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Dalam bahasa jawa, “mulok” memiliki makna “terbang ke atas”. Sama seperti namanya, di objek wisata ini, kalian dapat menyaksikan pemandangan eksotis berupa air yang menyembur ke atas. Apabila beruntung, kalian dapat juga melihat pelangi hasil dari semburan air dan sinar matahari.

  1. Air Terjun Lawean
Air Terjun Lawean
Air Terjun Lawean

Tempat wisata di Tulungagung Air Terjun Lawean berlokasi di  Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendangm Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini terletak di ketinggian 1200 mdpl, dan berlokasi di lereng Gunung Wilis. Air Terjun Lawean memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, aliran air terjun ini juga lumayan dingin dan menyegarkan.

  1. Air Terjun Jurang Senggani
BACA JUGA:  Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur Terbaru
Air Terjun Jurang Senggani
Air Terjun Jurang Senggani

Air Terjun Jurang Senggani tergolong sebagai lokasi wisata yang masih asri. Air terjun ini terletak di ketinggian 1.200 mdpl, dan berlokasi di Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungangung. Wisata Sendang Tulungagung ini cocok sekali kalian kunjungi bersama teman-teman terdekat.

  1. Air Terjun Pandan Wangi
Air Terjun Pandan Wangi
Air Terjun Pandan Wangi

Air terjun Pandan Wangi berlokasi di Desa Ngelurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini memiliki ketinggian aliran air sekitar 30 meter, dan berada di kawasan Perkebunan Teh Sumber Pandan.

  1. Air Terjun Kandung
Air Terjun Kandung
Air Terjun Kandung

Wisata Air Terjun Tulungagungini bernama Air Terjun Kandung. Lokasinya berada di Desa Tanen, Kecamatan Rejotengen, Kabupaten Tulungagung. Air Terjun Kandung ini memiliki sendang dibagian bawah aliran, dengan ke dalam air sekitar 4 – 8 meter. Apabila kalian tidak bisa berenang, kami sarankan untuk mendekati air terjun.

  1. Goa Selomagleng Tulungagung
Goa Selomagleng Tulungagung
Goa Selomagleng Tulungagung

Objek wisata Goa Selomangleng ini berlokasi di Dusun Sanggrahan Kidul, Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini berada di kawasan hutan miliki BKPH Kaliwadir. Apabila kalian mengunjunginya, kalian akan dapat melihat bahwa Goa Selomangleng dibagi menjadi dua bagian, yang satu terletak di bagian bawah serta memiliki dua lubang goa, sedangkan yang satu lagi terdapat di bagian atas. Di bagian atas ini, kalian juga dapat mengamati sebuah candi peninggalan masa Hindu – Budha.

  1. Goa Pasir
Goa Pasir
Goa Pasir

Goa Pasir merupakan salah satu tempat wisata di Tulungagung dan lokasinya terletak di Dusun Pasir, Desa Junjung, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Objek wisata Goa Pasir sedikit berbeda dengan goa-goa pada umunya, karena goa ini tidak memiliki lorong (hanya memiliki mulut goa saja). Meskipun demikian, objek wisata ini juga sering ramai dikunjungi wisatawan.

  1. Candi Dadi
Candi Dadi
Candi Dadi

Objek wisata Candi Dadi terletak di puncak sebuah bukit, tepatnya berada di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Objek wisata ini terletak di ketinggian 360 mdpl, dan termasuk dalam kawasan Kehutanan RPH Kalidawir. Candi ini sangat cocok dikunjungi oleh kalian yang memiliki ketertarikan dalam bidang sejarah.

  1. Candi Penampihan
Candi Penampihan
Candi Penampihan

Candi Penampihan dibangun pada akhir abad ke 9, dan termasuk dalam peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini berlokasi di lereng Gunung Wilis, tepatnya berada di Ds. Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini memiliki kompleks pertamanan yang lumayan luas, dan memiliki beberapa spot yang sangat instagramable. Candi Penampihan merupakan salah satu tempat wisata di Tulungagung yang wajib dikunjungi.

  1. Candi Sanggrahan
Candi Sanggrahan
Candi Sanggrahan

Objek wisata Candi Sanggrahan berada di Ds. Sanggrahan, Desa Sanggraha, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung. Sama seperti objek wisata sebelumnya, kompleks candi ini juga merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terdiri dari beberapa bangunan, salah satunya candi induk. Dalam hal ini, candi induk memiliki bentuk bujur sangkar, dan terbagi menjadi empat tingkatan.

  1. Candi Boyolangu
Candi Boyolangu
Candi Boyolangu

Wilayah Kecamatan Boyolangu terkenal memiliki beberapa candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, salah satunta bernama Candi Boyolangu. Candi ini ditemukan pada awal abad ke 20, tepatnya pada tahun 1914. Kompleks Candi Boyolangu terdiri dari tiga bangunan perwara. Candi Boyolangu berlokasi di Dusun Boyolangu, Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.

  1. Bendungan Wonorejo
Bendungan Wonorejo
Bendungan Wonorejo

Bendungan Wonorejo merupakan salah satu bendungan terbesar di Asia Tenggara. Bendungan ini mampu menampung debit air sekitar15.000 meter kubik per detik. Bendungan Wonorejo memiliki fungsi utama sebagai sumber irigasi dan sumber airbersih warga sekitar. Selain itu, Bendungan ini juga dijadikan sebagai tempat Pembangkit Listrik Tenaga Air bagi wilayah Tulungagung. Tidak hanya itu, tempat wisata di Tulungagung Waduk Wonorejojuga memiliki fungsi rekreasi, di antaranya menyediakan wahana pemancingan dan tempat olah raga. Objek wisata ini juga selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Tulungagung.

  1. Agro Wisata Belimbing
Agro Wisata Belimbing
Agro Wisata Belimbing

Kabupaten Tulungagung juga memiliki sebuah Agrowisata Kebun Belimbing yang cukup terkenal. Objek wisata ini berlokasi di Dusun Cluwok, Desa Bono Moyoketen, Kecamatan Boyolangu. Di lokasi ini, wisatawan dapat merasakan sensasi memetik dan mencicipi belimbing langsung dari pohonnya. Selain itu, kalian juga dapat sekaligus mencicipi wisata kuliner di Tulungagung.

  1. Telaga Ngambal
Telaga Ngambal
Telaga Ngambal

Telaga Ngambal merupakan salah satu objek wisata di Tulungagung yang sedang hits di medsos. Di jembatan Telaga Ngambal ini, kalian dapat berselfie di beberapa spot foto yang sudah disediakan pengelola. Objek wisata ini terletak di Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung.

  1. Ranu Gumbolo
Ranu Gumbolo
Ranu Gumbolo

Ranu Gumbolo merupakan sebuah danau yang berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Pegerwojo, Kabupaten Tulungagung. Objek wisata terbaru di Tulungagung ini menawarkan keindahan pemandangan danau yang indah. Udara di objek wisata ini lumayan sejuk, karena ditumbuhi oleh pepohonan pinus di sekelilingnya. Selain itu, kawasan wisata ini juga memiliki Rumah Pohon yang mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Tempat wisata di Tulungagung Ranu Kumbolo.. eits salah, nama yang benar adalah Ranu Gumbolo ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian kunjungi bersama keluarga.

  1. JambolandWaterpark
JambolandWaterpark
JambolandWaterpark

JambolandWaterpark merupakan salah satu wisata Tulungagung hitsyang layak untuk kalian kunjungi. Objek wisata ini menawarkan keseruan bermain air dengan berbagai wahana, di antaranya kolam arus, watersliding, ember tumpah, dll. Selain itu, JambolandWaterpark juga dilengkapi oleh beberapa fasilitas pendukung, di antaranya foodcourt, cafe, kamar mandi, mushola, dll. Wisata Tulungagung 2017 ini berlokasi di Jalan Raya Srabah No. 1, Desa Karanganom, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, atau berjarak 8 Km dari pusat Kota Tulungagung.

  1. SplashWaterpark
SplashWaterpark
SplashWaterpark

Selain JambolandWaterpark, ternyata Kabupaten Tulungagung juga memiliki SplashWaterpark. Tempat wisata di Tulungagung 2017 ini baru di buka pada tahun 2016 yang lalu. Wisata ini memiliki beberapa wahan permainan air yang sangat seru, di antaranya waterboom, ember tumpah, raceslide, taman bermain, dll. Wisata Tulungagung terpopuler ini berlokasi di Desa Bendingwungu, Kecamatan Sumber Gempol, Kabupaten Tulungagung.

  1. Gunung Budeg
Gunung Budeg
Gunung Budeg

Apabila kalian suka mendaki gunung, kami sarankan untuk menaklukkan Gunung Budeg ini. Tulungagung wisata ini terletak di ketinggian 600 mdpl, dan berlokasi di Dusun Kendit, Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Gunung Budeg memiliki jalur pendakian yang lumayan terjal, tetapi di sepanjang perjalanan, kalian dapat menikmati pesona alam yang sangat memukau.

  1. Air Terjun Coban Kromo
Air Terjun Coban Kromo
Air Terjun Coban Kromo

Air terjun ini berlokasi di Desa Palem, Kecamatan Campur Darat, Kabupaten Tulungagung, atau berjarak 12 Km dari pusat Kota Tulungagung.

  1. Alun- alun Tulungagung
Alun Alun Tulungagung
Alun Alun Tulungagung

Objek wisata Kota Tulungagung ini tergolong sebagai wisata “lowbudget”. Alun-alun Tulungagung selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berminat menikmati suasana perkotaan Tulungagung. Selain itu, kalian juga dapat bersantai sembari menikmati wisata kuliner Tulungagung yang dijajakan oleh para pedagang di lokasi ini. Tertarik untuk mengunjungi wisata Tulungagung terdekat ini?

  1. Pantai Sawahan Ombo
Pantai Sawahan Ombo
Pantai Sawahan Ombo

Pantai ini berlokasi di Desa Wonokoyo, Kecamatan Tunggunggunung, Tulungagung, Jatim.

  1. Pantai Gemah
Pantai Gemah
Pantai Gemah

Objek wisata Tulungagung Pantai Gemah berlokasi di Ds. Keboireng, Kecamatan Besuki, Tulungagung, Jawa Timur.

  1. Nyawangan Park
Nyawangan Park
Nyawangan Park

Objek wisata ini berlokasi di Dusun Klegen, Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Tulungagung

  1. Kedung Dawuhan
Kedung Dawuhan
Kedung Dawuhan

Berlokasi di Desa Sukorejo Wetan, Rejotangan, Tulungagung, Jawa Timur.

  1. Jurug Tejo
Jurug Tejo
Jurug Tejo

Jurug Tejo berlokasi di Desa Manding, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung

  1. Air Terjun Parang Kikis
Air Terjun Parang Kikis
Air Terjun Parang Kikis

Tempat wisata di Tulungagung ini berlokasi di Desa Gambiran, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung.

Dukung terus tempat wisata di Indonesia, seperti tempat wisata di Trenggalek, tempat wisata di Blitar, serta tempat wisata di Kediri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here