4 Lokasi Ngecamp Favorit di Pantai Gunung Kidul Jogja

0
41
Sadahan 681x490
Sadahan 681x490

4 Lokasi Ngecamp Favorit di Pantai Gunung Kidul Jogja

Camping (berkemah) atau bahasa kerennya nge-camp tidak lagi di tempat biasa kita kenal. Seperti di gunung, lapangan ataupun di bumi perkemahan.

Akhir-akhir ini, sudah begitu banyak tempat yang dipakai untuk nge-camp, salah satu tempat favoritnya yaitu pantai. Selain mampu menikmati alunan ombak, pada malam hari akan disuguhkan oleh indahnya langit dengan bintang-bintang yang bertaburan.

Kali ini, aku akan menyebarkan tumpuan pantai-pantai yang menjadi tempat terfavorit untuk nge-camp khususnya di tempat pantai Gunung Kidul. Ada banyak pantai di Gunung Kidul. Namun hanya ada 4 pantai yang cocok untuk kita kunjungi dan kita jadikan tempat nge-camp.

1. Pantai Jungwok

Dari namanya terkesan pantai ini terletak di daerah Korea. Ternyata tidak, Pantai Jungwok terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Gunungkidul Yogyakarta.

Untuk lebih gampangnya pantai Jungwok terletak di sisi timur pantai Wediombo. Akses menuju pantai ini cukup mudah, dari kota Yogyakarta arahkan kendaraan menuju Wonosari kemudian ikuti petunjuk arah m pantai Wediombo.

Sampai di parkiran Wediombo akan kita temukan petunjuk jalan menuju pantai Jungwok.

Dari Wediombo jalan menuju pantai jungwok cukup susah kalau kondisi sehabis turun hujan. Apalagi kalau kita mengendarai motor tentunya akan praktis terpeleset dan terjebak pada kubangan tanah gembur.

Untuk itu kalau tidak memungkinkan mengendarai motor untuk hingga ke pantai Jungwok.

Di pantai Wediombo terdapat penitipan motor. Sehingga kita harus rela jalan kaki menuju pantai Jungwok. Sekitar 30 menit hingga di pantai Jungwok.

2. Pantai Greweng

Pantai Greweng letaknya di sisi timur pantai Jungwok. Akses menuju kesana harus dengan jalan kaki melewati sawah dan bukit batuan karang.

BACA JUGA:  3 Tempat Wisata Baru di Yogyakarta Yang Menarik

Perjalanan menuju ke pantai Greweng kira-kira 20 menit dari pantai Jungwok. Untuk menuju ke pantai Greweng, dari Jungwok kita berjalan ke arah pulang menuju Wediombo.

Sampai menemukan petunjuk arah menuju pantai greweng.
Ikuti petunjuk arah, hingga menemukan persimpangan jalan yang memberikan arah antara pantai Greweng dan pantai Sedahan.

Di pantai greweng akan disuguhkan dengan indahnya hamparan pasir putih yang luas yang terbelah oleh fatwa sungai air tawar.

3. Pantai Sedahan

Untuk pantai Sedahan letaknya di sisi timur pantai Greweng. Ada dua jalur menuju kesana. Jalur yang pertama menaiki bukit karang dan yang kedua berjalan ke persimpangan petunjuk arah antara pantai greweng dan pantai Sedahan.

Untuk lebih cepatnya, silahkan melewati jalur naik bukit karang. Selain lebih cepat tentunya petualangan menaiki bukit begitu mengasikkan.

4. Pantai Dadapan

Pantai dadapan mampu di bilang pantai yang masih perawan sebab masih belum banyak yang berkunjung ke pantai sini.

Maka dari itu, untuk kalian yang ingin nge-camp dengan penuh ketenangan dan kedamaian. Cocok sekali untuk mengunjungi pantai Dadapan.

Sama dengan 3 pantai sebelumnya, jalur menuju kesana harus dengan jalan kaki dan selalu teliti dalam membaca petunjuk arah. Lokasi pantai Greweng di sisi timur pantai Sedahan.
Itulah beberapa pantai yang sangat cocok untuk kalian jadikan tempat nge-camp. Saran saya, persiapkan fisik yang berpengaruh untuk berjalan menyusuri pantai.

Jangan aib bertanya kepada para penduduk disana biar tidak tersesat. Teliti dalam membaca petunjuk arah. Usahakan hingga di sana sebelum matahari terbenam. Dan kalau kondisi sehabis hujan turun, hati-hati dengan jalanan yang becek dan licin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here