12 Makanan dan Minuman Khas Karawang

0
24

12 Makanan dan Minuman Khas Karawang

Karawang terkenal sebagai kota industri tujuan pekerja dari berbagai daerah di Indonesia. Ratusan Pabrik berdiri di kotaKarawang ini. Namun selain terkenal sebagai daerah industri, Karawang juga menyimpan beragam keunikan kuliner khas yang lezat. Berikut beberapa makanan khas Karawang yang wajib anda coba ketika mampir ke kota ini.

  1. Ikan Gabus Bumbu Pucung
Ikan Gabus Bumbu Pucung
Ikan Gabus Bumbu Pucung

Hidangan yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Ikan gabus bumbu pucung ini sebetulnya hampir sama dengan makanan khas betawi gabus pucung. Sajian ini dibuat dengan bahan dasar ikan gabus yang diolah dengan pucung atau keluwak/ kluwek.Seporsi hidangan ini dapat anda nikmati dengan harga mulai dari Rp.7000,- hingga Rp.15.000,- rupiah (harga dapat berubah sewaktu waktu)

 

  1. Pepes Walahar
Pepes Walahar
Pepes Walahar

Pepes welahar juga merupakan makanan khas KarawangJawa Baratyang cukup digemari.Pepes yang nikmat disantap bersama lalapan dan sambal khas nya ini dapat anda nikmati di kedai di dekat bendungan Walahar, inilah yang membuat hidangan ini dinamakan pepes Walahar.Jika anda ingin mencoba sajian ini, mampirlah ke kawasan pintu tol Karawang timur yang menuju ke daerah industri Texmaco.Letak warung pepes berlokasi tepat di seberang bendunganWalahar, sehingga anda harus menyebrangi jembatan kecil jika ingin sampai ke tempatnya

  1. Surabi Hijau
Surabi Hijau
Surabi Hijau

Makanan tradisional khas Karawang ini kian populer di kalangan masyarakat dan wisatawan.Keunikan surabi khas Karawang ini adalah warnanya yangberwarna hijau yang membedakannya dengan surabi dari daerah lain. Hidangan ini biasanya dinikmati dengan dicocol ke gula pemanis atau disiram dengan santan yang gurih.Anda dapat menjumpai banyak pedagang yang menjajakan surabi hijau ini di kawasan Rengasdengklok.

 

  1. Opak Ketan Rawagede
Opak Ketan
Opak Ketan

Opak ketan ini memang dapat dijumpai di daerah lain di Indonesia,  akan tetapi opak ketan di Rawagede, daerah Karawangini memiliki cita rasa unik yang membedakannya dari opak di daerah lain. Rasa khasnya membuat opak ketan ini punya ciri khas tersendiri.Opak ketan Rawagedememiliki bentuk yangsangat kecil, tidak sepertiopak dari daerah lain yang memiliki bentuk yang besar.Opak ketan Rawagede memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih.Ada dua jenis opak ini yaitu original dan bakar.Anda dapat memilihnya untuk dijadikan sebagaioleh oleh makanan khas Karawang.

 

  1. Soto Gempol
Soto Gempol
Soto Gempol

Bukan Cuma makanan khas Banjarmasin yang memiliki soto sebagai hidangan berkuah andalannya, Karawang juga memiliki sajian soto yang terkenal yaitu Soto Gempol.Hidangan sotoyang telah ada sejak tahun 1980an inidibuat pertama kali oleh Haji Abdul Syukur dengan istrinya Hajjah Fatimah. Soto gempol disajikan dalam empat macam sajian antara lainsoto usus, soto daging, soto babat, juga soto ayam yang difavoritkan banyak masyarakat. Bila anda ingin mencicipi keempat macam soto tersebut, anda dapat memesan keempatnya dalam satu porsi atau satu mangkuk.

 

  1. Tahu Bumbu
Tahu Bumbu
Tahu Bumbu

Makanan khas KarawangJawa Baratberikutnya adalah tahu bumbu. Tahu bumbu umumnya dapat anda jumpai dijajakan oleh pedagang yang berjualan dengan gerobak di pinggir  jalan atau dengantenda kaki lima. Salah satu tahu bumbu yang cukup populer adalah tahu bumbu di JlDewi Sartika, Karawang. Di kawasan tersebut terletak penjual tahu bumbu legendaris dengan namasari rasa yang telah berproduksi sejak tahun 1986. Bila anda ingin mengetahui perbedaan rasanya anda harus datang langsung ke Karawanguntuk mencicipi hidangan enak ini.

  1. Kue Gonjing
BACA JUGA:  Tempat Wisata Pantai Cibangban
Kue Gonjing
Kue Gonjing

Satu lagi makanan ringan khas Karawangyang wajib anda bawa pulang untuk dijadikan oleh oleh untuk kerabat dirumah.Kudapan yang memiliki rasa gurih dan enak ini sudah tak asing lagi di telinga warga Jawa Barat terutama warga Karawang.Kue gonjing terbuat dari daging buah kelapa yang dicampurkan tepung kemudian ditaburi gula putih bubuk.Beberapa pedagang juga menyajikan kue gonjing dengan rasa pedas dengan dicampur bumbu pedas atau dicocol dengan saus pedas.

 

  1. Soto Tangkar
Soto Tangkar
Soto Tangkar

Makanan khas kotaKarawangberikutnya yang terkenal di Karawangyaitu soto tangkar Mang Nean. Soto Tangkar Mang Nean ini buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 11 malam.Resep makanan khas Karawangyang satu ini cukup unik.Hidangan yang satu ini adalah adanya kikil empuk nan gurihyang sangat nikmat disantap. Soto tangkar ini dibuat dari sandung lamur sapi yang diolah sedemikian rupa dengan racikan bumbu khas yang kemudian direbus hingga mendidih dan lunak.Soto tangkar ini nikmat disantap dengan nasi putih hangat dan segelas es teh.

  1. Minuman Kawista Madu
Minuman Kawista Madu
Minuman Kawista Madu

Kawista merupakan salah satu buah yang masuk dalam keluarga buah mojo atau suku jeruk jerukan.Buah ini memiliki tekstur kulit yang sedikit keras dan memiliki aroma yang khas ketika masak.buah ini diolah menjadi sajian minuman yang dicampur dengan madu. Minuman kawista madu ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Selain menyegarkan, minuman ini juga baik bagi kesehatan, antara lain dapatmenyegarkan badan, menurunkan panas, bahkan juga dapat mengurangi gangguan menstruasi.

  1. Gegeplak
Gegeplak
Gegeplak

Makanan khas dari Karawangberikutnya yaitugegeplak.Kudapan ini dibuat dari kelapa muda utuh yang dicampurkan dengan gula pasir, air, garam, serta pewarna makanan biasanya berwarna hijau atau merah muda.Resep hidangan ini pun cukup sederhana , pertama tama kelapa di parut lalu dicampur racikan bumbu kemudian diaduk rata kemudian dibubuhi pewarna makanan. Kemudian masak adonan sampai berambut.Kemudian diletakkan di kertas roti hingga kering. Rasanya pun cukup enak dan manis, dan sangat cocok dijadikan oleh oleh.

  1. Pepes jambal
Pepes Jambal
Pepes Jambal

Hidangan yang bisa anda jumpai di warung Pepes Jambal Haji Dirja juga di warung makan Haji emin ini merupakan makanan khas Karawang timur.Pepes khas Karawang ini hampir sama dengan pepes lainnyatapi memiliki rasa yang khas. Hidangan ini harganya sangat terjangkau tidak sampai Rp.10.000,-. Pepesjambal nikmat disantap dengan sepiring nasi putih hangat ditemani segelas es teh.

  1. Es Walikota
Es Walikota
Es Walikota

Es walikota bukanlah sajian es yang dibuat oleh walikota Karawang, melainkan merupakan nama sebuah warung es yang merupakan kepanjangan dari es Warung Lingkungan Kota karena warung ini terletak di tengah Kota Karawang. Hal yang unik dari warung es ini adalah anda dapat memilih sendiri isi dari es yang ingin anda nikmati, baik macam esnya,roti, buah, maupun bahan pelengkap lain yang disediakan dalam sebuah mangkuk berbagai ukuran.

Nah itu tadi beberapa makanan khas Karawangyang tak boleh anda lewatkan ketika berkunjung ke Karawang.Selain kuliner khas Karawang, terbang ke Sulawesi anda harus mencicipi kuliner nusantara makanan khas Gorontaloyang tak kalah unik juga lezat. Ragam kuliner tradisional yang tak dapat anda temui di daerah lain, wajib untuk anda coba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here