10 Tempat Wisata di Puncak Bogor untuk Berlibur Bersama Keluarga

0
45
Tempat Wisata Di Puncak
Tempat Wisata Di Puncak

10 Tempat Wisata di Puncak Bogor untuk Berlibur Bersama Keluarga

Tempat wisata di Puncak kerap kali menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di wilayah Jawa Barat. Nuansa alam yang indah dan suhu yang hambar berkisar antara 14-18 derajat celcius akan mengakibatkan liburan terasa menyenangkan mengingat suhu panas yang selalu menerpa Anda di beberapa wilayah.

Suasana hambar ini akan semakin terasa dikala malam hari. Akhir pekan menjadi salah satu waktu yang pas untuk menghabiskan waktu liburan.

Hal inilah yang kemudian biasa menjadi pemicu kemaceten menuju kearah puncak. Selain penduduk lokal, banyak para wisatawan luar yang juga berkunjung ke puncak Bogor ini.

Wisata Puncak Terbaru
Anda perlu menyimak 10 tempat wisata di Puncak Bogor berikut ini:

1. Istana Kepresidenan Cipanas

Bagi Anda yang ingin berwisata sekaligus ingin melihat isi yang ada didalam sebuah istana kepresidenan tentu mampu berkunjung ke arah puncak. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Puncak yang cukup terkenal.

Disana terdapat sebuah istana kepresidenan Cipanas yang sudah dibangun semenjak tahun 1740. Posisinya pun berada di bawah kaki gunung gede. Hal ini akan menambah wawasan Anda, alasannya yakni banyak sekali koleksi benda bersejarah yang akan ditemukan di istana kepresidenan Cipanas ini.

Mengajak anggota keluarga untuk turut menyaksikan apa yang ada didalam istana ini, tentu merupakan hal yang menyenangkan serta mengedukasi. Apalagi Anda mengajak bawah umur yang mampu menambah wawasan mereka seputar sejarah Indonesia.

Disarankan kepada Anda yang ingin berkunjung, semoga memesan tiket sebelumnya lantaran ketersediaan tiket mampu saja habis sewaktu-waktu. Untuk menghindarkan kekecewaan nantinya, tentu hal inilah yang harus Anda lakukan.

Jadwal buka istana kepresidenan Cipanas ini mulai Senin hingga Minggu yang dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 14.00 siang. Adapun untuk hari Jumay dan tanggal merah, istana kepresidenan ini tidak dibuka. Adapun lokasi lengkapnya berada di desa Sindangjaya, Cianjur provinsi Jawa Barat

2. Curug Panjang Megamendung

Bagi Anda yang menyukai wahana air, sudah saatnya Anda menentukan puncak sebagai lokasi pemandian yang cocok. Apalagi Anda sedang merencanakan liburan di puncak. Tidak akan lengkap rasanya tanpa merasakan sensasi mandi di curug yang berjulukan Megamendung ini.

Suasana asri nan nyaman akan tersaji bersama dinginnya suasana di puncak. Jaraknya berkisar kurang lebih 20 kilometer dari sentra kota Bogor.

Adapun sumber air yang mengalir ke curug ini berasal dari sungai cirangrang. Selain itu Anda mampu menikmati penderasan yang ada di curug ini. Meski tidak terlalu tinggi, air curug yang jernih serta nuansa pepohonan yang mengitari curug sudah sangat cukup untuk memuaskan mata Anda.

Curug ini mampu menjadi salah satu tempat wisata di bogor yang murah namun tetap menyajikan keindahan. Suasana asri dan nyaman sangat tercipta disini. Gemuruh air yang mengalir turut menjadi hal yang paling menenangkan.

Tentu ini menjadi salah satu alasan Anda untuk menghilangkan penat di selesai pekan. Sesuai dengan namanya, lokasi curug ini berada di des megamendung , Bogor, Jawa Barat.

Kedalaman air di curug ini memang bervariasi. Posisi terdalam ada di potongan tengah curug. Kedalamannya mampu mencapai 5 meter. Untuk itu, bagi Anda yang tidak tahu atau kurang hebat berenang, diaarankan untuk bermain air dk pinggiran curug saja. Ini dilakukan untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Telaga Biru Cipanas

Lain curug, lain pula telaga. Puncak memang memperlihatkan banyak pesona wisata yang mampu dikunjung mirip telaga biru cipanas. Sesuai dengan namanya yang mengandung unsur warna biru, tampilan fisik air di telaga ini juga demikian.

Warna biru yang ditampilkan berasal dari banyaknya ganggang biru yang hidup di dasar telaga. Ketinggian telaga ini sendiri berada di kisaran 1575 diatas permukaan laut. Hal ini tentu tidak mengherankan, lantaran posisinya yang memang berada di wilayah puncak.

Telaga ini juga masuk ke dalam daerah taman nasional Gunung Gede Pangrango. Dengan aneka macam pesona yang ditawarkan, tidak heran kalau telaga ini banyak dikujungi oleh wisatawan.

Pantulan sinar matahari yang hingga ke telaga setiap harinya akan membantu memantulkan warna biru yang dihasilkan oleh ganggang biru di dasar telaga. Hawa sejuk dan nuansa hambar akan menambah fresh pikiranmu dikala berkunjung ke tempat ini.

Lokasi persiss telaga ini berada di desa Sindanglaya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat ini menjadi saah satu tempat wisata di puncak cipanas yang mampu Anda kunjungi.

4. Candi Tri Dharma Gunung Puteri Pecer

Jika selama ini Anda mengenal banyak candi terkenal dan sudah mendunia, maka berbeda halnya dengan candi yang ada di daerah puncak ini. Nama candi ini yakni candi Tri Dharma Gunung Puteri.

Uniknya, pembangunan candi ini belum rampung dilakukan. Hanya sekitar 70% potongan saja yang sudah terselesaikan. Meski demikian, hal ini semakin menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung.

Banyak kalangan yang bersedia tiba ke tempat ini meski hany sekedar berwisata. Jika ditelusuri, ternyata alasan pemberhentian pembangunan candi ini dikarenakan tidak adanya izin dari pemerintah setempat.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Bukit Rong View

Adapun tahun awal pembuatannya sekitar tahun 2000-an. Konsep yang diusung juga bernuansa modern. Adanya nuansa modern ini, kemudian mendatangkan banyak minat terutama kawula muda. Mereka tiba untuk mengabadikan foto disana.

Tempat ini memang dirasa cocok lantaran terbilang cukup hits kalau dibandingkan dengan konsep-konsep yang terdapat pada candi-candi lainnya.

Untuk lokasi persisnya, candi Tri Dharma Gunung Puteri ini berada di desa Sukatani, kecamatan Pacet, Cianjur.

5. Taman Wisata Matahari

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di puncak terbaru , sepertinya wisata yang satu ini mampu Anda coba. Bukan hanya wisata air dan peninggalan bersejarah saja. Wisata puncak Bogor juga menyediakan taman wisata yang bksa Anda nikmati bersama keluarga.

Disini, aneka macam jenis tumbuhan tersedia untuk memanjakan mata. Sangat cocok untuk wahana hiburan dan liburan selesai pekan bersama keluarga. Tersedia juga aneka macam wahana menarik yang mampu dipakai oleh Anda dan keluarga.

Luas taman wisata ini mampu terbilang luas dengan ukuran mencapai 30 hektar. Tidak heran kalau menghabiskan liburan disini akan sangat leluasa dan nyaman.

Tempat ini memang selalu diramaikan oleh pengunjung. Tidak jarang juga beberapa perusahaan melaksanakan training disini. Beberapa wahana yang mampu dimanfaatkan yakni bak renang, arum jeram, wisata sawah, sentra perbelanjaan, sarana outbound, ATV, dan masih banyak lagi lainnya.

Fasilitas lengkap dan biaya yang murah serta makna edukasi yang mampu didapat akan sangat membantu untuk membuatkan ilmu pengetahuan.

6. Telaga Warna

Selain telaga biru cipanas, telaga lainnya yang mampu Anda kunjungi yakni telaga warna puncak. Telaga ini sangat terkenal dan mempunyai keindahan yang memanjakan mata. Tersedia sepeda air dan bahtera rakit di tempat ini untuk menikmati telaga warna.

Adapun nama telaga ini berasal dari dongeng yang berkembang di masyarakat bahwa air di telaga ini mampu berubah-ubah. Lokasi ini juga dekat dengan sebuah restoran terkenal yang ada di wilayah puncak.

7. Desa Wisata Pancawati

Tempat ini akan sangat cocok bagi Anda yang sangat mendamba nuansa penuh ketenangan. Selain itu, tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata puncak pass. Jauh berbeda dengan perkotaan yang sibuk dan riuh pikuk yang menciptakan Anda mampu stress.

Tempat ini memperlihatkan keindahan dan suasana yang tenang. Selain terlihat tenang, suasana disini juga sangat asri dan bersahabat. Rerumputan hijau dan pepohonan masih turut menghiasi. Ditambah dengan bangunan-bangunan rumah yang sederhana namun higienis turut menambah nilai plus dari tempat ini.

Lokasi desa wisata Pancawati ini sendiri berada di Kecamatan Caringin. Disini Anda juga mampu menikmati tarian sunda , merasakan masakan khas daerah setempat, dan menyaksikan pertunjukan wayang golek.

8. Taman Safari

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata yang satu ini. Sebutannya sangat familiar di telinga. Anda akan menemukan banyak binatang yang mampu diajak bermain disini. Selain itum mampu dikatakan bahwa taman safari ini menjadi tempat terpopuler yang ada di puncak.

Pengunjungnya akan selalu padat di selesai pekan. Mengingat kebiasaan berwisata yang msih tinggi menuju daerah puncak, maka kemacetan setiap selesai pekan pun tidak mampu dihindarkan. Koleksi binatang yanga ada di taman safari ini berasal dari aneka macam penjuru dunia.

Beberapa binatang yang ada disana mirip gajah, singa, jerapah, rusa dan masih banyak lagi. Lokasi dari taman safari ini sendiri berada di Cisarua.

Jika dihitung, kurang lebih berjarak 77 kilometer dari kota Jakarta. Adapun orientasi dari taman safari ini yakni menyampaikan wawasan binatang yang berada di alam bebas.

9. Kebun Wisata Inkarla

Memang namanya yakni kebun. Namun, dikala melihatnya, akan banyak pasang mata yang akan terpukau. Kebun wisata ini sendiri berada di daerah Cibodas. Daya tarik dari wisata ini yakni pemandangan gunung yang indah dan aneka macam koleksi tumbuhan hias yang memukau. Berbagai jenis bunga dan warna mampu Anda lihat disini.

Selain mampu melihat nuansa asri perpaduan nuansa tumbuhan hias dan pegunungan, kebun ini juga menyediakan kemudahan lainnya yaitu bak renang dengan air hangat, sarana outbound, ruangan meeting, area permainan, dan penginapan yang tentunya menjadi tempat beristirahat terbaik.

Menghilangkan kepenatan selama bekerja tentu mampu Anda jadikan alasan untuk mengunjungi tempat ini. Turtu memboyong seluruh anggita keluarga sepertinya akan menambah kehangatan dalam keluarga Anda.

10. Agro Wisata Gunung Mas

Tempat wisata ini juga bernuansakan kebun. Ia menjadi salah satu tempat wisata di puncak bogor dengan pemandangan hijau nan asri oleh tumbuhan teh akan menambah nuansa kenyamanan yang akan Anda temukan di tempat ini.

Apalagi Anda secara eksklusif menyaksikan para petani teh sedang memetik teh dikala pagi menjelang. Tentu Anda akan merasakan bagaimana indahnya ciptaan yang kuasa dan nuansa yang berbeda di pagi hari.

Biasanya para pemetik teh ini mempunyai kelompok masing-masing yang berjumlah antara 15 higga 20 orang. Anda mampu mencoba untuk mengabadikan momen disini dengan latar pemandangan hijau dan acara para petani yang sedang memetik teh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here