Tempat Wisata di Pontianak Yang Wajib Dikunjungi



Tempat Wisata di Pontianak Yang Wajib Dikunjungi – Tiga Terbaik

Terkenal dengan salah satu wilayah atau kota di Indonesia yang berada tepat di garis Khatulistiwa, kota Pontianak adalah salah satu kota di dunia yang lokasinya persis di lewati garis imaji yang membagi antara utara dan selatan dunia.

Pontianak pun sadar betul akan hal ini. Untuk menguatkan predikat yang lekat menempel, sebuah tugu yang tepat berlokasi di garis khatulistiwa di dirikan sebagai pengingat posisi kota Pontianak.

Dengan dua sungai yang besar dan terkenal di Indonesia, yakni sungai Kapuas dan sungai Landak. Salah satu sungai besar di Indonesia ini bahkan digambarkan di logo kota Pontianak. Tidak hanya populer dengan kota garis Khatulistiwa dan kota dengan dua sungai besar di Indonesia, wisata Pontianak tidak bisa untuk tidak dianggap.

Entah mengapa, rasanya tidak begitu lengkap jika membahas kota Pontianak namun tidak membahas wisata Pontianak. Hal ini begitu erat dan patut untuk diperbincangkan. Setuju? Karena hal tersebut, penulis merangkum beberapa tempat wisata Pontianak yang amat sayang untuk dilewatkan kalau anda berkunjung ke kota indah ini.

1. Tempat Wisata Keraton Kadriah Pontianak

Sultan Syarih Abdurrahman Alqadrie membangun Keraton Kadriah pada tahun 1771. Berada persis di jalan Tritura, Pontianak. Bangunan yang merupakan sultan pertama dalam sejarah kesultanan di Pontianak ini terbuat dominan dari kayu Belian. Kayu ini terkenal layaknya besi, tentu saja karena kokoh dan kekuatannya.


Dengan hiasan meriam kuno pada halaman Keraton Kadriah, salah satu peninggalan Jepang dan Portugis ini menambah kesan kental wisata Pontianak. Pun anda juga dapat melihat singgasana sultan dan permaisuri di bagian dalam lengkap bersama deretan foto, pakaian dan koleksi pribadi sang sultan.

Yang unik adalah, di dalam Keraton Kadriah juga ada properti pribadi milik Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Apa itu? Al Quran yang ditulis tangan oleh tangannya sendiri.

2. Makam Kesultanan Batulayang Pontianak

Salah satu komplek pemakaman yang lokasinya menjadi peristirahatan terakhir tujuh sultan Pontianak dan keluarga. Tentu saja, yang menjadi spesial di Makam Kesultanan Batulayang adalah makam dari sultan pertama Pontianak, sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Kenapa spesial? Karena lokasinya tepat di dalam ruangan yang berada persis di tengah kompleks dengan bentuk layaknya bunker kecil. Pintu bunker yang dibuat lebih rendah dari rata-rata tinggi manusia membuat layaknya orang yang berkunjung ke dalam makan sultan pertama menunduk seakan-akan memberi hormat pada sang sultan pertama Pontianak.

Ini adalah salah satu wisata Pontianak yang unik. Walaupun bentuknya pemakaman, tentu bukan hanya pemakaman biasa. Selain pengalaman religius dan bersejarah, banyak yang bisa anda dapatkan di wisata Pontianak yang satu ini.

Tidak di pungut biaya masuk, Makam Kesultanan Batulayang selalu ramai dikunjungi turis maupun penduduk asli Pontianak.

Baca juga : tempat wisata romantis di Indonesia

3. Tempat Wisata Tugu Khatulistiwa Pontianak

Wisata Pontianak yang menjadi kebanggaan penduduk asli Pontianak, yap, inilah Tugu Khatulistiwa. Berada kurang lebih 3 km dari pusat kota, wisata Pontianak ini cukup unik dan menarik untuk dikunjungi.

Di Tugu Khatulistiwa, terdapat museum yang bisa anda lihat beirisi informasi tentang apa saja mengenai garis imajinasi bumi yang disebut garis Khatulistiwa tentunya. Dengan adanya toko suvenir pada wisata Pontianak ini tentunya anda bisa membeli oleh-oleh semisal miniatur Tugu Khatulistiwa dan oleh-oleh Pontianak yang lainnya.

Tidak dipungut sama sekali biaya masuk, Tugu Khatulistiwa adalah salah satu wisata Pontianak rekomendasi penulis untuk anda kunjungi. Nah, kalau anda kesini dan ingin mendapat sertifikat bukti kunjungan anda disini, cukup membayar 10 ribu rupiah, anda sudah bisa mendapatkannya. Murah, ya?

Yap, wisata Pontianak tidak terlalu buruk dan akan menjadi indah dengan dukungan aspek-aspek pendukung kota ini. Penasaran? Yuk kunjungi tempat wisata di Pontianak yang sudah penulis jabarkan di atas 🙂


Keraton Kadriah
Keraton Kadriah
Makam Kesultanan Batulayang
Makam Kesultanan Batulayang
Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: