Tempat Wisata Pantai Wediombo di Yogyakarta



Pantai Wediombo tak cuma menyuguhkan hamparan pantai berpasir putih dan kumpulan karang yang masih alami. Ombak di pantai Wediombo pun bagus, maka kalian bisa berselancar di atasnya sambil menikmati senja yang mempesona.

Katanya hidup akan asyik kalau anda ingin mencoba hal-hal yang baru. kalau selama ini kunjungan ke pantai cuma dihabiskan dengan berenang, main pasir, atau bermalas-malasan sambil menikmati kelapa muda, saat ini waktunya kalian mencoba melakukan suatu yang menguji nyali ialah surfing. Tidak perlu jauh-jauh ke Cimaja, Banyuwangi, atau Bali. Kalian cukup datang ke pantai Wediombo yang berada di Gunungkidul.

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

Tak hanya mempunyai ombak yang enak dipakai buat berselancar, pantai Wediombo juga diketahui mempunyai pemandangan sunset paling dahsyat daripada dengan pantai-pantai Gunungkidul lainnya. Hal ini disebabkan pantai Wediombo menghadap ke barat dan bukannya ke selatan. Pada bulan November sampai Mei, kalian bisa menyaksikan matahari yang terbenam tepat di langit. Pemandangannya dijamin super!

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Wediombo

  1. Surfing

kalian sama sekali belum sempat surfing tapi ingin mencoba kegiatan ini? boleh banget. Silahkan datang ke Wediombo dan bicara dengan kawan-kawan Wediombo Surfing Society (WOSS) yang senantiasa standby di tempat. Dengan harga yang relatif murah kalian bisa mengikuti kelas singkat surfing. Selama 1, 5 jam kalian akan diajari aturan dasar sekaligus praktek surfing. Tarif itu termasuk menyewa surfboard, jasa pemandu, dan foto. Wediombo rata-rata heboh didatangi peselancar dari bermacam daerah kala akhir pekan. Saat itu mereka akan mencoba menaklukkan ombak untuk ombak yang hadir.


  1. Snorkeling

Wediombo menyediakan 2 preferensi tempat buat melakukan snorkeling. Tempat yang pertama berada di sekitar pantai serta bisa dilewati dengan berjalan kaki. Sedangkan tempat kedua berada sedikit jauh di tengah laut. penduduk lokal menyebutnya terletak di “belakang ombak”. Buat mendekati spot snorkeling yang kedua kalian harus naik kapal terlebih dulu. Kalau ingin snorkeling di tempat ini kalian tak perlu membawa perlengkapan dari rumah, karna di tempat ini sudah ada penyewaan perlengkapan sekaligus kapal dan pemandu.

  1. Berenang di Laguna

Masih ada sedikit orang yang tahu kalau ternyata di deretan karang sisi selatan Wediombo ada ceruk seperti laguna kecil. Laguna itu diapit batu-batu karang maka saat laut surut bisa dipakai buat berenang. Di laguna itu kalian juga bisa merasakan percikan ombak yang menyapu karang. Anggap saja sedang bermain di waterbyur. Tapi saat laut pasang sebaiknya kalian tak berenang di laguna itu terutama berfoto dengan berdiri di atas karang yang menghadap ombak. Bahaya!

  1. Sunset Seeing

Bisa dikatakan pantai Wediombo mempunyai pemandangan sunset paling bagus kalau dibandingkan dengan pantai-pantai Gunungkidul yang lain. Hal ini disebabkan pantai Wediombo menghadap ke barat maka matahari terbenam di horizon. Sebaiknya kalian melihat sunset di Pantai Wediombo pada bulan November – Mei karena itu merupakan waktu yang tepat.

  1. Hammocking

Bentangkan hammockmu di cabang pohon kemudian rebahlah di atasnya. sembari tiduran kalian bisa merasakan desir angin, mendengar debur ombak yang lembut, melihat anak muda yang asyik berselancar, atau menyaksikan senja di horizon barat. Mungkin sesaat kalian bisa merasa seperti berada di Bali ataupun lombok dan bukannya Gunung kidul. Jangan lupa segelas coklat panas atau kopi sebagai kawan menikmati senja.

  1. Camping

Saat ini camping di Wediombo bukan hal yang rumit. Kalau kalian malas membawa tenda dari rumah, kalian bisa menyewa tenda di tempat ini. Pohon-pohon besar yang tumbuh di tepi pantai akan menjadi peneduh alami yang bisa menyelamatkan dari terik matahari. Lokasi pantai yang cukup luas menjadikanmu bebas memilih tempat buat memasang tenda.

  1. Hunting Foto

Pantai Wediombo adalah tempat yang enak buat hunting foto, khususnya foto landscape. buat kalian yang baru belajar menjepret, kalian bisa menajamkan skill-mu disini. Mau memfoto ombak dengan metode slow speed, memfoto milky way, memfoto senja, sampai memfoto banyak orang yang sedang berselancar, semua bisa. Kalau pandai berimajinasi, kalian bisa mengambil foto kumpulan karang dari sudut-sudut yang menarik sampai terlahir bentuk sphinx semacam karang yang ada di pantai Klayar atau bentuk-bentuk lainnya yang lebih kreatif.

  1. Mancing

bila kalian hobi memancing, maka kalian harus mencoba memancing ikan di Wediombo. Di sini banyak ikan berukuran besar. Salah satunya ialah ikan cucut yang dimana diketahui oleh penduduk setempat sebagai sebutan ikan panjo. Lokasi pemacingan yang berada di bukit karang membuatmu harus berwaspada. Karna mempunyai tempat yang menantang dan ikan yang banyak, spot memancing pantai Wediombo ini juga sempat dijadikan lokasi syuting acara memancing salah satu stasiun televisi di Indonesia.

  1. Trekking

Di balik bukit-bukit karang yang mendekap pantai Wediombo ada pantai-pantai lain dengan pemandangan yang tidak kalah ciamik. Pantai-pantai yang masih sepi itu bisa kalian gapai dengan berjalan kaki.

Tips berwisata ke Pantai Wediombo

  • Bagi para penggila sunset, waktu terbaik buat berkunjung ke Wediombo ialah bulan November – Mei. Pada saat itu matahari terbenam tepat di horizon.
  • Supaya keseruan liburanmu maksimal, jangan lupa bawa pakaian ganti! Rugi kalau kalian ke Wediombo tapi tak meceburkan diri di laguna atau mencoba snorkeling.
  • Jika kalian tak berencana menginap, diusulkan buat tidak pulang terlalu malam karna jalanan menuju Wediombo sepi dan berkelok-kelok. Andai kata kalian melakukan perjalanan di malam hari pastikan kalian pulang berombongan dan tak sendirian.

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

Anda harus baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: