Tempat Wisata Di Papua Yang Wajib Di Kunjungi



Tempat Wisata Di Papua Yang Wajib Di Kunjungi

Apakah kamu pernah berpikir, kalau Indonesia tidak semenarik negara-negara di Eropa sana? Jika iya, coba kamu berkunjung ke tanah Papua. Keindahan alam yang dimilikinya tak akan habis jika kamu jelajahi. Bagi para penggemar wisata alam, tanah Papua memiliki daratan dan alam bawah laut yang seperti surge. Tanah Papua juga memiliki kearifan budaya local yang masih bertahan pada zaman modern ini.

Jika kamu masih bingung mau berkunjung tempat yang mana, saya akan membantu anda untuk menentukan tempat mana saja yang wajib anda kunjungi di tanah Papua. Berikut adalah Tempat Wisata Di Papua Yang Wajib Di Kunjungi:

1. Wisata Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman ini memiliki luas 1.453.500 hektar yang hampir 90% nya berupa perairan. Dengan luas yang seperti itu, tidak mengherankan jika Taman Nasional Teluk Cendrawasih menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Disana terdapat 196 jenis moluska dan 209 jenis ikan yang bisa anda saksikan di alam bawah lautnya. Kura-kura, penyu, hiu, dan lumba-lumba tak jarang menemani anda saat menyelam.

2. Wisata Raja Ampat

Pastinya anda mengenal tempat dengan nama Raja Ampat, tempat yang mempunyai keindahan dan sangat menarik untuk dikunjungi. Kawasan Raja Ampat memiliki empat pulau besar yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta dan pulau-pulau kecil lain disekitarnya.


Menurut laporan dari The Nature Conservancy, Raja Ampat memiliki biota laut sebanyak 75% dari 100% spesies laut dunia. Dengan 1.511 jenis ikan dan penyu laut yang akan menemani, anda akan merasakan pengalaman menyelam yang tidak akan anda lupakan.

3. Wisata Danau Sentani

Danau terbesar di Papua ini memiliki luas 9.360 hektar, dan terletak 50km dari pusat Kota Jayapura. Disana sedikitnya 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter diatas permukaan laut ini.

Disana anda bisa melakukan kegiatan seperti memancing, berenang, menyantap kuliner disekitar danau, sampai bisa berkeliling danau dengan menyewa perahu.

4. Wisata Danau Paniai

Danau Paniai memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik dengan Danau Paniai. Danau ini bahkan disebut sebagai danau terindah pada konferensi Danau Se-Dunia di india pada tanggal 30 November 2007. Danau ini memiliki luas 14.500 hektar dan ketinggian 1.700 meter diatas permukaan laut.

Anda bisa melihat siluet tebing dan burung-burung bertebangan diatas Danau saat senja. Anda juga bisa memancing di Danau bersama perempuan-perempuan suku Mee dan Moni atau biasa dipanggil ‘mama’.

5. Wisata Lembah Baliem

Tempat yang satu ini merupakan tempat tinggal suku Dani, Yalim dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Suhu disana bisa mencapai 10-15 derajat Celcius, ini dikarenakan Lembah Baliem memiliki ketinggian 1.600 meter diatas laut. Anda juga bisa berinteraksi langsung atau sekedar melihat suku asli disana yang masih memakai koteka bagi pria dan rok rumbai bagi perempuan nya. Disana juga diadakan festival pada bulan Agustus.

6. Wisata Desa Wisata Sauwandarek

Jika anda ingin bertemu dengan suku yang ada di Tanah Papua, anda bisa bertemu dengan suku asli di Desa Sauwandarek. Tempat ini masih berada pada kawasan Kabupaten Raja Ampat, di Meos Mansar. Tempat Wisata yang satu ini hanya ditempati 46 kepala keluarga, dan perempuan-perempuan yang biasa membuat topi dan tas dari daun pandan laut. Anda pun bisa membeli nya langsung ditempat, jika anda tertarik dengan karya mereka.

Bagaimana, menarik bukan tanah air Indonesia kita ini? Sebenarnya selain Papua, masih banyak lagi tempat-tempat yang memiliki keindahan yang masih asri dan tidak kalah dengan negara-negara di Eropa sana. Itulah beberapa Tempat Wisata Di Papua Yang Wajib Di Kunjungi yang telah kami rangkum untuk anda, share ke teman kamu ya!


Raja Ampat
Raja Ampat
Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Lembah Baliem
Lembah Baliem
Danau Sentani
Danau Sentani
Desa Wisata Sauwandarek
Desa Wisata Sauwandarek
Danau Sentani
Danau Sentani
Danau Sentani
Danau Sentani
Danau Paniai
Danau Paniai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: