Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

0
49
Gunung Ciremai
Gunung Ciremai

Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat – Kuningan adalah salah satu wilayah kabupaten yang lokasinya berada di Propinsi Jawa Barat, kabupaten yang beribukota di Kuningan ini memiliki wilayah dengan luas total sekitar 1170 km² yang dibagi lagi menjadi 32 kecamatan serta 376 kelurahan. Kabupaten Kuningan ini menjadi tempat tinggal bagi kurang lebih 1,1 juta jiwa penduduknya yang terdiri dari berbagai macam etnis yang hidup dengan berdampingan. Kabupaten Kuningan juga merupakan wilayah peralihan antara budaya Jawa dan Sunda.

Kabupaten Kuningan ini memiliki topografi wilayah yang cukup bervariasi dengan dataran rendah pada bagian timur dan daerah dataran tinggi di bagian barat dari kabupaten ini dengan titik tertingginya berada di puncak gunung Ciremai yaitu 3076 meter di atas permukaan laut yang mana merupakan gunung tertinggi di Propinsi Jawa Barat. Kabupaten Kuningan juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di kala liburan karena Kuningan memiliki berbagai macam tempat menarik untuk dikunjungi yang akan kami ulas di bawah ini.

Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

  1. Desa Wisata Sitonjul

Tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi di Kuningan adalah Desa Wisata Sitonjul yang akan menyuguhkan kepada Anda suasana alam khas pedesaan yang masih sangat asri. Desa wisata ini sangatlah sesuai untuk Anda yang sedang ingin lepas dari hiruk pikuk suasana kota karena suasana di desa wisata ini sangatlah tenang, selain itu Anda juga bisa menyaksikan sawah yang menghampar.

Desa Wisata Sitonjul
Desa Wisata Sitonjul
  1. Curug Putri

Tempat wisata kedua yang juga bisa Anda kunjungi di wilayah Kuningan adalah Curug Putri, di sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata ini maka Anda akan bisa melihat perbukitan dengan hamparan perkebunan buah milik warga. Curug Putri sendiri merupakan sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter serta memiliki lingkungan sekitar yang masih sangat asri karena banyaknya pepohonan.

BACA JUGA:  11 Tempat Wisata Paling Romantis di Indonesia yang Wajib Anda Ketahui
Curug Putri
Curug Putri
  1. Bukit Panembongan

Tempat wisata ketiga yang berada di wilayah Kuningan adalah Bukit Panembongan yang lokasi persisnya ada di Desa Tembong, Kecamatan Garawangi, Kuningan. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah bukit yang akan menyuguhkan keindahan panorama wilayah Kuningan dan sekitarnya jika dilihat dari ketinggian, selain itu tempat wisata yang satu ini juga memiliki fasilitas outbond yang lengkap.

Bukit Panembongan
Bukit Panembongan
  1. Situ Cicerem

Tempat wisata keempat yang juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif di wilayah Kuningan adalah Situ Cicerem yang mana merupakan sebuah danau alami yang memiliki air berwarna kebiruan yang sangat jernih. Karena airnya yang sangat jernih tersebut, Anda bisa melihat dasar dari danau ini yang kedalamannya hanyalah 5 meter saja, di danau ini juga Anda akan bisa menemukan ikan mas dengan jumlah yang banyak.

Situ Cicerem
Situ Cicerem
  1. Gunung Ciremai

Tempat wisata kelima yang bisa Anda kunjungi di Kuningan adalah Gunung Ciremai yang mana merupakan gunung tertinggi di Propinsi Jawa Barat dengan ketinggiannya mencapai 3078 meter di atas permukaan laut. Jika Anda ingin mendaki Gunung Ciremai ini, Anda bisa memilih salah satu dari empat jalur pendakian yang tersedia yang mana setiap jalur pendakian memiliki tingkat kesulitannya masing – masing.

Gunung Ciremai
Gunung Ciremai

Kabupaten Kuningan merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat yang memiliki berbagai macam tempat wisata menarik yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here