Tempat Wisata di Jakarta Pusat – Dari Monumen Nasional Hingga Deretan Taman



Tempat Wisata di Jakarta Pusat – Dari Monumen Nasional Hingga Deretan Taman

Tinggal di Jakarta Pusat? Merasa tidak ada tempat wisata di Jakarta Pusat yang menarik? Mungkin anda perlu membaca informasi di dalam artikel ini, sepertinya.

Sebagai kota yang luasnya paling kecil dibanding kota lainnya di provinsi DKI Jakarta, Jakarta Pusat mempunyai keunikan tersendiri, tentunya perihal pariwisatanya. Salah satu kota kecil dan terpadat ini mempunyai sejarah yang teramat panjang dalam catatan perjuangan Indonesia. Itulah mengapa banyak monumen peringatan dan tempat bersejarah di Jakarta Pusat. Sebut saja beberapa monumen dan tempat peninggalan masa penjajahan Belanda hingga bangunan yang di dirikan oleh pemerintah Indonesia pasca kemerdekaan.

Pun, tempat wisata di Jakarta Pusat mempunyai beberapa yang menurut penulis cukup layak untuk dikunjungi. Perlu bagi anda sebagai warga Jakarta mengetahui beberapa tempat wisata di Jakarta Pusat. Kenapa? Ya selain sebagai referensi sejarah dan menambah ilmu pengetahuan, beberapa tempat ini adalah rekomendasi saya untuk menghilangkan stres tinggal di ibukota Jakarta.

Monumen Nasional (Monas) – Tempat Wisata di Jakarta Pusat Yang Wajib Anda Kunjungi 

Monumen yang mempunyai tinggi 132 meter ini bisa dibilang ialah simbol dari jaya-nya tanah air Indonesia. Di pelopori oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, Monumen Nasional tetap berdiri gagah sampai sekarang dan menjadi salah satu peninggalan beliau yang masih bisa kita lihat pada hari ini.

Tepat berada di tengah lapangan Medan Merdeka samping istan negara, Jakarta Pusat, Monas dibuka untuk dimasuki publik semenjak 12 Juli 1975.


Lokasi yang mudah dijangkau oleh transportasi publik membuat Monumen Nasional dapat dikunjungi oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Bila anda datang dari Bekasi, Depok, Bogor atau Tangerang, KRL adalah transportasi rekomendasi saya sebagai penulis.

Untuk pengguna Busway Transjakarta, menaiki bus yang mengarah ke halte Central Harmony adalah jalur terbaik untuk anda.

Monumen Nasional dibagi jadi beberapa area penting, yakni; halaman depan, dalam dan puncak monumen. Pada halaman depan Monas, anda akan menemui hiasan relief dari peninggalan sejarah. Pada bagian dalam Monas, terdapat museum yang menceritakan sejarah lampau Indonesia dan juga beberapa diorama perjalanan bangsa Indonesia. Beberapa elemen penting yang intisari-nya menceritakan tentang perjalanan Indonesia sampai kemerdekaan juga terdapat pada bagian dalam Monumen Nasional.

Sedangkan area terakhir yang menjadi favorit bagi para pelancong tempat wisata di Jakarta Pusat adalah puncak Monas itu sendiri. Ketika berada di puncak, anda dapat menyaksikan betapa indahnya pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.

Beberapa Taman Rekomendasi – Tempat Wisata di Jakarta Pusat

Selain Monas, rekomendasi penulis tentang beberapa tempat wisata di Jakarta Pusat adalah taman.

Yap, Taman. Di Jakarta Pusat sendiri, terdapat banyak sekali taman umum yang bisa anda kunjungi ketika sedang mengalami hari buruk atau memang ingin sekadar menikmati bercengkrama di taman dengan sahabat atau orang tersayang. Beberapa taman sebagai tempat wisata di Jakarta Pusat rekomendasi saya adalah sebagai berikut.

1. Taman Ismail Marzuki

Bukan taman biasa, ketika anda mengunjungi salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat ini, anda bukanlah mendapatkan pengalaman seperti taman pada umumnya yang biasanya terdapat pohon rindang dan kehijauan lainnya. Disini, anda akan disajikan dengan wahana pendidikan dan kesenian.

2. Taman Menteng

Dulunya adalah berupa bangunan stadion, kini disulap menjadi taman yang memang amat bagus untuk sekadar melepas penat aktivitas harian anda.

3. Taman Lapangan Banteng

Tinggal di sekitar Pasar Baru? Taman Lapangan Banteng adalah tempat dimana anda bisa melepas penat, lho! Cukup naik Transjakarta sekali perjalanan, anda sudah bisa sampai di lokasi menarik sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta Pusat ini.

4. Taman Situ Lembang

Terletak di kawasan yang cukup elit, tidak ada akses kendaraan umum untuk menuju taman Situ Lembang. Pilihannya, kalau anda ingin menuju ke tempat wisata elit ini, naiklah kendaraan pribadi.

5. Taman Suropati

Salah satu taman tertua yang ada di Jakarta Pusat, tidak ada alasan lagi untuk anda tidak datang ke taman Suropati. Kenapa? Meskipun aksesnya cukup sulit, taman Suropati sangat cocok untuk anda yang ingin berwisata dengan harga murah dan mendapat pemandangan hijau di sekitar anda.

Yap, beberapa tempat wisata di Jakarta Pusat rekomendasi saya sebagai penulis adalah yang seperti saya jabarkan di atas. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Jakarta Pusat bersama keluarga tercinta? 🙂


Taman Lapangan Banteng
Taman Lapangan Banteng
Taman Ismail Marzuki
Taman Ismail Marzuki
Taman Menteng
Taman Menteng
Taman Suropati
Taman Suropati
Taman Situ Lembang
Taman Situ Lembang

Anda harus baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: