Tempat Wisata Di Jakarta Kekininan Yang Harus Kamu Tau

1
70
tempat wisata di jakarta - masjid istiqlal

Tempat Wisata Di Jakarta Kekininan yang Kami Rekomendasikan

Tempat Wisata Di Jakarta – Jakarta merupakan daerah istimewa yang berdiri sendiri sebagai Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta) meskipun secara teknis berada di wilayah Jawa Barat. Selain menjadi sebuah wilayah otonomi, Jakarta juga sekaligus menjadi kota metropolitan nomor satu di Indonesia. Pusat pemerintahan, kiblat gaya hidup, sekaligus pionir dari berbagai macam tempat wisata, terutama yang memiliki konsep modern. TMII, Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol adalah sedikit dari destinasi wisata modern yang menciptakan standar baru bagi areal hiburan di daerah-daerah lain Indonesia.

Tempat wisata di Jakarta terbagi secara merata pada setiap wilayah, mulai dari Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan. Meskipun mayoritas berupa taman hiburan modern, bukan berarti Jakarta kehilangan total pesona wisata alamnya, karena di beberapa spot wisata masih menawarkan panorama alam yang indah sebagai daya tarik utama. Tertarik untuk menjelajahi tempat wisata di Jakarta yang cukup banyak itu? Simak saja postingan kami ini šŸ™‚

Destinasi Wisata Edukatif di Jakarta Selatan

Jakarta Selatan memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari hiburan wisata alam hingga taman bermain modern tersedia, sehingga cocok dijadikan pilihan berlibur wisatawan dari berbagai rentang usia. Memiliki letak di bagian selatan wilayah DKI Jakarta, bisa dibilang Jakarta Selatan merupakan salah satu jantung pertumbuhan ibukota mengingat selain memiliki banyak destinasi wisata, di kawasan Jakarta Selatan berdiri pula beberapa stasiun TV nasional dan banyak stasiun TV kabel yang menasbihkannya sebagai kota industri kreatif. Menyinggung soal tempat wisata di Jakarta Selatan yang edukatif baik untuk anak-anak hingga orang dewasa sendiri, Komunitas Salihara dan Wisata Pendidikan Pinisi merupakan dua destinasi yang tidak boleh sampai dilewatkan.

Komunitas Salihara

tempat wisata di jakarta - komunitas salihara

Memiliki pusat kegiatan kawasan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Komunitas Salihara yang sejatinya merupakan salah satu komunitas sastra veteran di wilayah Jakarta karena telah didirikan sejak tahun 2008. Para penggiat sastra dari seluruh Jakarta dan juga sesekali mendapat kunjungan dari aktivis daerah lain acap kali menggelar pertunjukan, lomba penulisan, hingga diskusi sastra terbuka di kawasan ini. Komunitas Salihara memiliki impian untuk membuat generasi muda lebih menyukai sastra lokal di mana merupakan identitas bangsa. Awal mula beraktifitas, mereka tidak mendapatkan cukup perhatian, bahkan dari orang-orang yang tengah melintas. Namun seiring berjalannya waktu dan kondisi literasi Indonesia pun kian membaik, kawasan berikut kegiatan Komunitas Salihara kini telah bertransformasi menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Jakarta edukatif favorit, utamanya bagi penggemar sastra dan literasi.

Wisata Pendidikan Pinisi

tempat wisata di jakarta - pinisi-edutainment-park

Ketika menyebut tentang Pinisi, masyarakat mungkin lebih familier dengan kapal layar asli Indonesia yang mayoritas diproduksi di Kepulauan Sulawesi tersebut. Namun, Wisata Pendidikan Pinisi yang dimaksud bukanlah lokasi pembuatan Kapal Pinisi demikian, melainkan tempat wisata yang menawarkan beragam hiburan edukatif mulai dari budaya, seni, hingga sains. Selain itu, Wisata Pendidikan Pinisi yang memiliki lokasi tepat di Gedung Pasaraya Blok M ini juga dilengkapi dengan Kak Seto Center.

Nama tersebut tentu tidak asing di telinga, terutama anak-anak dan orang tua. Kak Seto merupakan aktivis perlindungan dan pemerhati anak yang paling terkenal di Indonesia. Sedangkan pendirian Kak Seto Center merupakan media yang akan menjembatani para orang tua untuk mengenal lebih jauh karakteristik anak di mana mereka dapat melakukan konseling dengan para ahli psikologi anak tentang perkembangan atau perubahan perilaku sang buah hati.

Tempat Wisata Budaya di Jakarta Timur

Banyak sekali tempat wisata di Jakarta Timur yang memiliki konsep wisata budaya. Meskipun pada umumnya konsep berbau budaya acap kali membosankan dan tidak menarik untuk dikunjungi, namun berbeda dengan yang dimiliki oleh daerah Jakarta Timur. Tidak hanya mengajarkan tentang budaya, tempat-tempat wisata tersebut juga menyediakan spot-spot foto terbaik untuk kemudian dijadikan koleksi pribadi atau portofolio, atau sekedar untuk diunggah di akun sosial media yang dimiliki. Selain itu, biasanya tersedia pula wahana hiburan atau kuliner yang menggiurkan. Tidak heran jika wisatawan yang berdatangan ke Jakarta Timur tidak sabar mengunjungi tempat-tempat wisata budaya tersebut. Dua lokasi yang paling ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan dan musim liburan adalah Kampung Cina Cibubur dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Kampung Cina Cibubur

tempat wisata di jakarta - kampung cina cibubur

Etnis Cina atau Tionghoa merupakan salah satu etnis minoritas tetapi memiliki jumlah cukup besar di Indonesia. Budaya, kuliner, serta bahasa nenek moyang mereka pun bukan merupakan sesuatu yang asing. Di daerah Cibubur, Jakarta Timur, berdiri sebuah kawasan seluas 8 hektar yang seluruhnya dikelola oleh etnis Tionghoa, sebab itulah dijuluki dengan Kampung Cina.

Meski demikian, kawasan tempat wisata di Jakarta ini terbuka untuk umum, di mana wisatawan dapat berkunjung untuk menikmati pesona kebudayaan Cina yang unik, mulai dari tradisi, kuliner, hingga ritual. Jika sedang tiba perayaan tertentu pada keyakinan yang mereka anut, biasanya warga sekitar akan menggelar upacara yang dapat disaksikan oleh para wisatawan cukup dengan syarat menjaga ketenangan. Sedangkan daya tarik lain yang dimiliki adalah pusat oleh-oleh berupa pakaian, makanan ringan, hingga aksesoris yang sepenuhnya bernuansa Tionghoa.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

tempat wisata di jakarta - TMII

Kawasan taman hiburan edukatif Taman Mini Indonesia Indah dapat dikatakan sebagai taman hiburan modern pertama di Indonesia yang menginspirasi lahirnya taman-taman hiburan modern lain. Pendiri dari TMII tidak lain adalah Ibu Tien Soeharto ataui istri mendiang Presiden kedua RI, Bapak Soeharto. Tetapi, tidak akan ada taman hiburan modern di seluruh penjuru negeri yang dapat mengalahkan TMII dari segi edukasi budaya karena mereka memiliki koleksi lengkap miniatur rumah serta pakaian adat seluruh provinsi di Indonesia karena memang tujuan utama pembangunan lokasi wisata tersebut adalah memberikan fun education tentang kebudayaan asli negeri kepada masyarakat luas. Saat ini, TMII sendiri sudah dilengkapi dengan bioskop berteknologi 5D yang sangat canggih, kolam renang, dan banyak wahana permainan seru lainnya.

BACA JUGA:  Wisata Kuliner Jakarta - Tiga Tempat Yang Wajib Anda Kunjungi

Obyek Wisata Religi Jakarta Pusat

Sesuai dengan wilayahnya yang menjadi jantung kota, Jakarta Pusat pun memiliki banyak destinasi wisata beragam yang tidak akan dapat ditemukan di wilayah lain ibukota. Menjadi titik utama, tempat wisata di Jakarta Pusat lebih berfokus pada tema perjuangan, religi, dan pengetahuan. Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral merupakan dua spot wisata religi yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di Jakarta Pusat.

Masjid Istiqlal

tempat wisata di jakarta - masjid istiqlal

Masjid Istiqlal dinobatkan sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara dengan daya tampung jamaah mencapai dua ratus ribu orang. Dibangun pada tahun 90-an, Masjid Istiqlal terus berkembang dalam berbagai aspek dan berhasil menginterpretasikan Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia. Kegiatan keagamaan harian seperti ibadah sholat lima waktu bersama, lalu pengajian rutin mingguan, dan ibadah perayaan hari besar Islam masih digelar aktif di sini.

Bahkan, telah menjadi tradisi untuk Presiden muslim yang menjabat mengikuti ibadah Idul Fitri dan Idul Adha di Masjid Istiqlal. Selain dari fungsinya sebagai tempat ibadah, Masjid Istiqlal difungsikan pula sebagai lokasi wisata yang bebas dikunjungi oleh para turis lokal maupun internasional. Hanya saja, diwajibkan untuk mengenakan pakaian rapi dan tertutup ketika melakukan tur.

Gereja Katedral

tempat wisata di jakarta - gereja katedral jakarta

Meski tidak lagi difungsikan sebagai tempat ibadah, Gereja Katedral di Jakarta Pusat ini masih menjadi destinasi tempat wisata religi di Jakarta dengan magnet kuat. Desain luar gereja yang bergaya Eropa nan megah dan terawat lebih dari cukup untuk menarik wisatawan mengunjunginya. Tidak hanya menjadi kawasan wisata untuk hunting foto belaka, Gereja Katedral ini juga difungsikan sebagai museum yang menyimpan informasi perihal sejarah pendirian gereja di mana berkaitan langsung dengan masa menjelang kemerdekaan pada zaman dahulu.

Tempat Wisata Museum Jakarta Barat

Jakarta Barat merupakan kawasan Jakarta yang menyimpan begitu banyak kisah tentang perjuangan pada masa kemerdekaan. Tidak mengherankan jika kemudian tempat wisata di Jakarta Barat mayoritas didominasi oleh museum-museum yang menyimpan berbagai macam dokumentasi tentang masa penjajahan berikut perjuangan rakyat Jakarta sebagai garda depan dalam mengupayakan kemerdekaan mutlak atas tanah air Indonesia. Museum yang paling terkenal dari kawasan Jakarta Barat tidak lain adalah Museum Fatahillah yang berlokasi di Kota Tua.

Kota Tua Dan Museum Fatahillah

tempat wisata di jakarta - kota tua jakarta

Kota Tua Batavia pada zaman kolonial Belanda merupakan pusat perdagangan nomor satu di Asia. Bangunan-bangunan di areal tersebut yang masih terawat dengan baik hingga saat ini membuktikan bahwa pengaruh Belanda sangatlah kuat melalui desain bangunan bercita rasa Eropa. Tidak lagi difungsikan sebagai komplek perdagangan maupun tempat tinggal, pemerintah Jakarta Barat mengambil alih lalu menjadikannya cagar budaya yang dapat dieksplorasi oleh para wisatawan. Banyak spot foto yang cantik di setiap sudut Kota Tua dan tidak ketinggalan wisata edukatif yang ditawarkan Museum Fatahillah yang juga berada di areal tersebut. Selain menyimpan benda-benda historis dalam upaya perlawanan pada Belanda, museum itu juga memiliki koleksi artefak-artefak kuno yang berharga.

Spot Hunting Foto Terbaik di Jakarta Utara

Dibandingkan dengan kawasan lain di Jakarta, Jakarta Utara merupakan areal yang lebih populer akan segala hal yang berbau dengan perairan, sebagai contoh adalah hasil sumber daya lautnya yang melimpah. Selain itu, tempat wisata di Jakarta Utara juga didominasi dengan destinasi wisata air karena memang kawasan pesisir Jakarta Utara sangatlah terkenal secara domestik maupun internasional. Bagi yang ingin hunting foto di Jakarta Utara, maka pilihan terbaik adalah areal Pelabuhan Sunda Kelapa yang telah sejak zaman kolonial Belanda menjadi pusat jalur perdagangan di kawasan Asia.

Pelabuhan Sunda Kelapa

tempat wisata di jakarta - pelabuhan sunda kelapa

Di sini, wisatawan akan langsung disambut dengan pemandangan jejeran kapal pinisi yang berlabuh dengan gagahnya hingga mustahil tidak menimbulkan ketakziman. Kapal-kapal tersebut digunakan untuk melakukan perdagangan antar pulau hingga negara melalui jalur laut. Tradisi tersebut sebagaimana telah disinggung di atas telah berlangsung sejak zaman penjajahan Belanda hingga kini sudah memasuki abad milenium.

Pemandangan jajaran kapal asli Indonesia tersebut saja sudah sangat indah jika diabadikan dalam bingkai foto, apalagi bila ditambah pemandangan matahari tenggelam yang sangat menenangkan. Selain itu, wisatawan juga dapat membawakan oleh-oleh berupa ikan hasil laut yang sangat segar karena baru ditangkap dan juga bisa ditebus dengan harga yang sangat murah karena para nelayan menjualnya sendiri di pasar tanpa menggunakan jasa tengkulak.

Selain destinasi wisata di atas, masih banyak lagi tempat wisata yang bisa Anda jelajahi di DKI Jakarta. Pada kesempatan lain, akan kami sajikan tempat-tempat wisata di Jakarta yang tentunya tak kalah seru dan kekinian. Tunggu ya!

1 COMMENT

  1. Terima kasih banyak gan informasinya. Jadi nambah list tempat wisata di jakarta yang perlu ane kunjungi nih. Hehe.
    Udh lama di sini tapi hampir gak pernah muter-muter keliling jakarta ngeksplor tempat wisatanya.

    Makasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here