Inilah Tempat Wisata Di Bekasi yang Wajib Anda Ketahui

1
191
tempat wisata di bekasi - pantai mekar

Inilah Tempat Wisata Di Bekasi Pilihan yang Wajib Anda Ketahui – Bekasi terbagi antara Kota dan Kabupaten yang wilayahnya terletak tidak jauh dari ibukota Jakarta. Sebab itulah, kemacetan di ibukota juga merembet ke Bekasi dikarenakan sebagian warga Bekasi bekerja di Jakarta, begitu pula sebaliknya. Meski demikian, bukan berarti daerah yang termasuk areal Jawa Barat itu tidak memiliki destinasi wisata yang tidak menarik untuk dikunjungi.

Justru tempat wisata di Bekasi sangat banyak dan beraneka ragam yang cocok untuk didatangi saat akhir pekan maupun liburan panjang. Bekasi dikenal juga dengan julukan “Bumi Patriot” yang menggambarkan banyaknya pejuang kemerdekaan tinggal di daerah tersebut dan berjuang hingga titik darah penghabisan demi kebebasan tanah air dari penjajahan kolonial. Berkat perjuangan tersebut, Bekasi kini menjadi daerah pariwisata yang indah.

Spot Sunset Paling Hits Di Bekasi

Sejak munculnya platform sosial media Instagram, masyarakat pun mengenal istilah instagramable di mana merupakan deskripsi sebuah tempat dengan pesona maupun keunikan yang sayang jika sampai tidak diabadikan untuk minimal diunggah ke akun Instagram pribadi. Destinasi wisata di Bekasi pun tidak ingin ketinggalan mengikuti tren seiring bermunculannya banyak lokasi instagramable yang sekaligus juga menjadi tempat wisata populer di Bekasi. Salah satu momentum terbaik untuk diabadikan dan diunggah ke Instagram adalah saat matahari tenggelam atau sunset. Ada beberapa spot menyaksikan sunset yang instagramable dan sangat populer di Bekasi. Jika ingin mendapatkan momentum sunset terbaik, maka sebaiknya stand by kurang lebih sepuluh menit dari perkiraan waktu matahari akan tenggelam.

Pantai Muara Beting Bekasi

tempat wisata di bekasi - pantai muara beting

Muara Beting merupakan spot sunset terbaik pertama di Bekasi. Lokasi tepatnya berada di Muara Gembong, Bekasi Barat. Secara teknis, pantai ini berada di areal hutan bakau seluas 70 hektar dengan panorama alam yang menakjubkan, terutama di pinggiran pantainya. Pepohonan bakau menjorok ke arah pantai yang cantik dan memiliki pesona tersendiri ketika diabadikan dalam bentuk potret.

Meskipun wisatawan tidak bisa bermain air di sini karena kurangnya fasilitas penunjang, tetapi dapat mengeksplorasi kawasan sekitar dengan menumpangi perahu dayung sekaligus mengisi waktu luang sebelum saat matahari tenggelam tiba. Kemudian, jika tiba saatnya sunset, wisatawan dapat duduk berselonjor di tepian pantai untuk menikmatinya dengan mata telanjang atau mengabadikannya dengan lensa kamera. Suasana romantis semacam itu membuat Pantai Muara Bening mayoritas dikunjungi oleh pasangan.

Pantai Mekar di Bekasi

tempat wisata di bekasi - pantai mekar

Tidak jauh dari Pantai Muara Beting, terdapat Pantai Mekar yang menawarkan panorama tidak kalah indah. Tetapi keduanya memiliki perbedaan pada sumber airnya, di mana Pantai Mekar bersumber dari Sungai Citarum yang sangat terkenal di daerah Jawa Barat. Sayangnya, sungai tersebut bukan terkenal dikarenakan kejernihannya, melainkan tingkat pencemarannya yang sangat tinggi akibat limbah. Sehingga memang tidak aman digunakan sebagai areal bermain air, sebab dapat menimbulkan reaksi alergi kulit yang sangat serius.

Meski demikian, Pantai Mekar sebagaimana Pantai Muara Beting, dapat dieksplorasi dengan menggunakan kapal kayu milik nelayan. Itulah salah satu keistimewaan Pantai Mekar, di mana tetap menghasilkan tangkapan laut tinggi bagi nelayan di sekitar, walaupun pada akhirnya membutuhkan pengolahan ekstra supaya hasil laut yang dikonsumsi tidak mengandung racun paparan limbah. Sunset di Pantai Mekar pun tidak kalah romantis dari suasana matahari tenggelam di Pantai Muara Beting.

Tempat Wisata Danau Cibeureum Bekasi

tempat wisata di bekasi - Danau Cibeureum

Berbeda dengan dua spot sunset sebelumnya yang berupa pantai, tempat wisata yang instagramable untuk menyaksikan matahari tenggelam berikut ini berupa danau, yakni Danau Cibeureum yang berlokasi di Kecamatan Tambun. Terdapat jembatan kayu yang membentang di pinggiran danau, di mana wisatawan dapat menikmati panorama danau sekaligus matahari tenggelam. Sayangnya, pembangunan tempat ini kemudian tersendat setelah jembatan selesai dibangun dan bahkan tidak sempat diresmikan.

Namun tidak lantas membuat wisatawan urung untuk mengunjungi Danau Cibeureum dan menghabiskan waktu di sana. Wisatawan juga dapat berfoto sepuas hati dengan latar sekitar danau yang pada beberapa titik seolah berada di luar negeri. Seperti pepohonan yang pada masa meranggas akan berubah warna menjadi kemerahan, layaknya pepohonan di pulau romantis asal Korea Selatan, Pulau Nami.

Tempat Wisata Di Bekasi untuk Anak dan Keluarga

Bekasi juga memiliki banyak sekali lokasi wisata edukatif atau lebih akrab disebut sebagai destinasi eduwisata yang diutamakan untuk anak-anak usia sekolah. Biasanya, tempat wisata di Bekasi untuk anak lebih condong ditujukan pada anak usia TK atau awal SD yang lebih tertarik belajar di luar ruangan dibandingkan dengan mempelajari pengetahuan dari buku saja.

Meski demikian, pengetahuan yang ditawarkan tempat-tempat wisata tersebut tidak lantas terbatas pada anak-anak saja, karena dapat pula berguna untuk orang dewasa. Lagi pula, untuk mengunjungi semua lokasi wisata tersebut, anak-anak juga masih memerlukan pendampingan serta penjelasan orang dewasa, baik pengajar dari sekolah jika perjalanan dilakukan bersama dengan institusi, atau dari orang tua bila agendanya memang berlibur.

Taman Buaya Indonesia Jaya Bekasi

tempat wisata di bekasi - taman buaya indonesia jayaMembayangkan tentang buaya mungkin terlalu menakutkan bagi banyak orang, apalagi berkunjung ke sebuah penangkaran khusus buaya yang sekaligus merangkap sebagai destinasi wisata. Banyak orang mungkin berpikir ulang untuk mengunjungi lokasi penangkaran yang terletak di Desa Sukaragam tersebut. Bagaimana tidak, jika di sana terdapat lebih dari lima ratus ekor buaya.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Pantai Papuma yang Indah

Namun, lokasi wisata ini berbeda dan tidak semenyeramkan dalam bayangan, serta sangat aman untuk dikunjungi anak-anak. Tujuan pertama menjadikan tempat ini sebagai areal wisata adalah untuk membuat anak lebih mengenal buaya sekaligus mendidik mereka untuk waspada, tetapi bukan karena takut. Selain dapat memberi makan buaya, wisatawan di sini dapat pula memetik buah-buahan sepuas hati yang berada di hampir setiap sudut. Kemudian, tersedia jug ataman bermain untuk anak-anak sehingga mereka tidak akan merasa bosan.

Hutan Kota Bekasi

tempat wisata di bekasi - taman hutan kota bekasi

Destinasi eduwisata selanjutnya adalah Hutan Kota yang terletak di Bekasi Selatan. Tidak sekedar menawarkan pemandangan penuh pepohonan, Hutan Kota juga merupakan lokasi penangkaran untuk Burung Kutilang dan Burung Merpati. Anak-anak dapat mempelajari tentang tumbuhan yang ada, sekaligus faunanya. Jika beruntung, mereka pun dapat menjumpai monyet-monyet yang bergelantungan mencari makanan.

Mereka dapat pula berpiknik dengan membawa bekal di areal seluas dua hektar persegi tersebut, meski tidak diperkenankan untuk menginap. Selain itu, mereka juga dapat bersepeda mengelilingi setiap jengkal Hutan Kota, namun dengan catatan membawa sendiri sepeda dari rumah, karena di sana tidak menyediakan persewaan sepeda dan tidak ada penjual makanan yang diizinkan berdagang. Berwisata ke Hutan Kota Bekasi ini dapat menyegarkan jiwa dan raga sekaligus serta menambah banyak wawasan.

Tempat Wisata Rumah Pohon Bekasi

tempat wisata di bekasi - rumah pohon bekasi

Di kawasan Jatiasih, terdapat lokasi eduwisata semi modern yang bernama Rumah Pohon. Sesuai namanya, pusat dari areal outbond populer untuk beragam usia ini berupa banyak rumah dari pohon dengan ukuran cukup besar dan juga sangat eksotis dan etnik. Di sini biasanya digunakan sebagai lokasi pilihan sekolah-sekolah di Bekasi dan sekitarnya untuk menggelar acara outbond atau perusahaan yang tengah mengadakan member training atau MT.

Rumah-rumah pohon di sana berfungsi sebagai pos pengawasan atau benteng pertahanan, bergantung konsep kelompok yang bermain. Anak-anak sendiri dapat memainkan labirin maze yang merupakan salah satu permainan populer asal luar negeri, yakni menjelajah labirin yang tampak tidak berujung, atau paintball war simulation sebagai permainan menembak. Semua wahana outbond yang disediakan di sini ditujukan untuk menstimulasi otak anak dalam berstrategi serta mendidik menjadi seseorang yang bijak dalam memutuskan, sekaligus menempa fisik mereka supaya lebih tangguh.

Tempat Wisata Di Bekasi Murah Meriah

Sebagaimana daerah lain di Indonesia, di Bekasi pun terdapat beberapa destinasi wisata murah meriah yang tidak akan menguras uang wisatawan, bahkan di beberapa tempat bebas retribusi sehingga tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk membayar ini dan itu berkaitan dengan niat eksplorasi lokasi tersebut. Tetapi karena tidak dibebankan biaya pula, wisatawan harus memiliki kesadaran untuk turut serta menjaga kebersihan dan kelestarian tempat tersebut, sebab mayoritas areal wisata yang gratis tidak memiliki pekerja untuk membersihkan sekitar lokasi maupun merawatnya.

Dan fasilitas yang tersedia pun harus dimaklumi juga masih dalam tahap apa adanya. Namun, untuk beberapa tempat wisata di Bekasi yang murah memang tidak membebankan biaya namun memiliki fasilitas lengkap, jika dikelola oleh pemerintah dan tidak muncul dengan sendirinya atau dilepaskan kepemilikannya oleh pihak swasta hingga terlantar.

Taman Rusa Kemang Pratama

tempat wisata di bekasi - taman rusa kemang pratama

Destinasi wisata Bekasi murah meriah yang pertama dan paling direkomendasikan adalah Taman TRusa Kemang Pratama. Taman tersebut dibuat oleh pemerintah dengan konsep mini kebun binatang. Mini zoo ini hanya memiliki sedikit koleksi binatang karena berlokasi di tengah pemukiman warga, sehingga mustahil untuk membangun dalam ukuran yang lebih besar.

Otomatis, hal tersebut berdampak pula pada koleksi kebun binatang mini Taman Kemang Pratama yang terbatas, yakni hanya rusa tutul, ayam kate dan juga kalkun. Wisatawan dapat memberikan makanan kepada mereka asalkan mematuhi standar yang telah ditentukan oleh pengelola. Untuk dapat mengeksplorasinya, wisatawan tidak dikenakan retribusi apa pun alias dapat mendatanginya kapan saja ingin.

Danau Alamanda Regency

tempat wisata di bekasi - danau alamanda regency

Danau wisata yang satu ini sangat unik karena semua lahan di sekitarnya sudah dibeli oleh seorang tuan tanah yang kemudian mendirikan komplek perumahan semi-elit. Sebab itu, secara teknis pun mengunjungi danau tanpa melewati gerbang utama perumahan hampir mustahil. Sebab itu, tempat ini agak kurang populer meskipun petugas keamanan perumahan juga tidak melakukan pemeriksaan yang berlebihan.

Hanya saja, wisatawan tidak terbiasa menjalani hal semacam itu sehingga otomatis menimbulkan ketidaknyamanan yang tergambar nyata. Padahal, Danau Alamanda Regency merupakan tempat wisata yang sangat indah untuk menyaksikan sunset dan sunrise di Bekasi. Meski demikian, cukup banyak wisatawan yang tetap datang guna menikmati panorama unik tersebut, belum termasuk warga perumahan yang senang sekali menghabiskan waktuu di danau itu.

Beberapa fasilitas pun kemudian dibangun seiring semakin meningkatnya peminat untuk berwisata di Danau Alamanda Regency. Salah satunya areal permainan anak yang menawarkan hiburan zaman dahulu seperti odong-odong, bebek air dan komidi putar. Selain itu, untuk orang dewasa sendiri dapat memancing ikan atau sekedar olahraga pagi di sini selayaknya jogging dan olahraga ringan lain.

1 COMMENT

  1. Ternyata Bekasi punya banyak pilihan tempat wisata ya. Pernah mampir ke Bekasi, tapi kurang tau dimana saja objek wisatanya, terutama untuk anak & keluarga. Hehe.

    Terima kasih gan atas infonya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here