Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Di Kunjungi

0
37

Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Di Kunjungi

Provinsi diujung Pulau Sumatera ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari pantai hingga pegunungannya. Walau dulu sempat mengalami kerusakan akibat tsunami pada tahun 2004 yang berdampak pada sebagian wilayah Aceh, tetapi Aceh kembali bangkit dan menata sektor pariwisata nya dengan baik.

Jika kamu berencana menghabiskan waktu libur di Aceh, kamu harus melihat Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Di Kunjungi berikut ini.

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid yang menjadi ikon Aceh ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Dikelilingi oleh tujuh Menara dengan bangunan utama yang berwarna putih dan kubah hitam, membuat Masjid ini terkesan megah. Apalagi dengan adanya kolam besar dan pancuran air di bagian depan masjid, sepeti pada Taj Mahal di India.

Tempat wisata religi di Aceh yang satu ini banyak dikunjungi karena keindahannya. Bahkan Yahoo! Pernah menyebut masjid ini sebagai salah satu dari 10 masjid terindah di dunia.

2. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun yang terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Lhokseumawe ini tidak boleh anda lewatkan.

Anda bisa melihat air terjun kembar dengan tinggi 75meter yang dikelilingi oleh pepohonan rindang disana. Jika anda ingin berkemah disana, anda bisa membawa perlengkapan berkemah anda. Lalu anda pun bisa menikmati alam bebas, tapi harus membayar dengan tarif Rp 5.000 per orang.

3. Air Terjun Suhom

Berlokasi di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Walau anda harus melewati jalanan naik turun, tetapi sepadan dengan pemandangan yang akan anda nikmati di sepanjang jalan maupun di Air Terjun.

Air Terjun dengan tinggi 50 meter ini dibagi menjadi tiga tingkat, tapi jangan pergi ke tingkat 2 dan tiga karena disana ada pembangkit listrik tegangan tinggi. Walau begitu, tempat ini tetap menyajikan anda pemandangan yang luar biasa indah nya.

BACA JUGA:  Pesona Indonesia yang Langka di Pulau Weh Sabang Aceh

4. Pantai Lampuuk

Pantai yang satu ini bisa disebut sebagai Pantai Kuta versi Aceh, karena disini anda akan merasa takjub dengan pemandangannya. Dengan pasir putih lembut sepanjang 5km dan tebing karang di ujung pantai. Disana anda juga dapat melakukan kegiatan seperti berselancar, berjemur, berenang, bermain banana boat, dan yang paling asyik adalah ikut melepas tukik (Anak Penyu) ke laut lepas.

Anda bisa menginap di cottage sekitar kawasan pantai, jika anda merasa belum puas menikmati Pantai Lampuuk dalam sehari. Harga tiket masuk disana seharga Rp 3.000.

5. Pantai Lhoknga

Berjarak sekitar 20km dari Banda Aceh, tidak jauh dari Pantai Lampuuk ada Pantai Lhoknga. Disana anda bisa bersantai atau bermain volli pantai di pasirnya yang luas. Kalau itu masih kurang, anda bisa mencoba untuk berselancar di lautnya. Dengan ketinggian ombak 1,5 sampai 2 meter membuat Pantai ini cocok untuk berselancar.

Jangan lupa disana anda juga bisa melihat pemandangan matahari terbenam, jadi jika sore sudah datang jangan segera beranjak dari tempat ini.

6. Pulau Rubiah

Tepat di sebelah barat laut Pulau Weh, Sabang, ada pulau yang bernama Pulau Rubiah. Nama pulau ini diambil dari nama yang tertulis pada batu nisan di pulau tersebut.

Dengan keindahan bawah lautnya, dan sedikitnya 14 dari 15 biota laut yang dilindungi Indonesia ada disana. Kalau anda tertarik untuk menyelam, anda bisa menyewa peralatan menyelam seharga Rp 40.000 saja dan bisa digunakan seharian.

Mantap bukan? Ya, pemandangan dan tempat wisata yang ada di Aceh diatas bisa dikatakan sayang sekali untuk anda lewatkan. Jadi jika anda pergi kesana, jangan lupa berkunjung ke tempat yang ada diatas ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here