Pesona Keindahan Alam Gunung Api Purba Nglanggeran di Yogyakarta

0
24
Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran
Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran

Pesona Keindahan Alam Gunung Api Purba Nglanggeran di Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih akrab disapa dengan nama Jogja merupakan sebuah wilayah dengan status daerah istimewa setingkat propinsi yang ada di Pulau Jawa, tepatnya berada di bagian selatan Propinsi Jawa Tengah. Jogja sendiri dikenal sebagai destinasi wisata favorit yang ada di Indonesia, bahkan daerah istimewa ini juga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari mancanegara terutama pada saat liburan panjang seperti misalnya di akhir tahun.

Selain dikenal akan kebudayaan tradisionalnya, ternyata Jogja juga menyimpan potensi wisata lainnya yang akan menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Jogja memiliki berbagai macam tempat wisata yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Tempat wisata yang satu ini sangat sesuai bagi Anda yang menyukai alam, pasalnya Anda akan bisa menyaksikan pesona indahnya alam di Gunung Api Purba Nglanggeran, berikut ini ulasan selengkapnya.

Pesona Keindahan Alam Gunung Api Purba Nglanggeran di Yogyakarta

  1. Lokasi dan Akses Jalan Menuju Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran adalah sebuah tempat wisata yang letaknya berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang mana jaraknya cukup jauh dari pusat kota Jogja. Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju Gunung Api Purba Nglanggeran tidaklah terlalu sulit, namun Anda harus selalu berhati-hati karena jalannya yang menanjak dan juga berliku.

Lokasi Dan Akses Jalan Menuju Gunung Api Purba Nglanggeran
Lokasi Dan Akses Jalan Menuju Gunung Api Purba Nglanggeran
  1. Pesona Keindahan Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu gunung yang menyuguhkan panorama alam yang begitu memukau sehingga tentu saja akan sangat sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Tidak hanya itu saja, Gunung Api Purba Nglanggeran juga merupakan tempat yang sangat tepat untuk bisa menyaksikan pesona matahari terbit dan juga matahari terbenam yang akan membuat panorama alam di gunung ini menjadi begitu eksotis.

BACA JUGA:  Menyaksikan Pesona Wisata Gua Tanding di Gunungkidul Yogyakarta
Pesona Keindahan Gunung Api Purba Nglanggeran
Pesona Keindahan Gunung Api Purba Nglanggeran
  1. Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran

Perlu Anda ketahui bahwa Gunung Api Purba Nglanggeran adalah sebuah gunung berapi yang aktif pada masa 60 hingga 70 juta tahun yang lalu, namun sekarang ini gunung tersebut dinyatakan sudah tidak aktif lagi. Gunung Api Purba Nglanggeran berbentuk bongkahan batuan andesit dengan ukuran raksasa yang terbentang sepanjang kurang lebih 800 meter dengan ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut.

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran
Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran
  1. Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Gunung Api Purba Nglanggeran

Untuk bisa memasuki kawasan wisata Gunung Api Purba Nglanggeran, para wisatawan harus membayar tiket masuk sebagai biaya retribusi sebesar 7 ribu rupiah pada siang hari dan 9 ribu rupiah pada malam hari. Sebagai salah satu tempat wisata yang sangat populer di Yogyakarta, objek wisata Gunung Api Nglanggeran telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung mulai dari area parkir hingga jalur panjat tebing.

Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Di Gunung Api Purba Nglanggeran
Harga Tiket Masuk Dan Fasilitas Di Gunung Api Purba Nglanggeran

Jika Anda memiliki kesempatan untuk berlibur ke Yogyakarta, maka Anda bisa mengunjungi objek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here