Oleh-oleh Khas Semarang Yang Paling Terkenal

0
38
Lumpia
Lumpia

Oleh-oleh Khas Semarang Yang Paling Terkenal – Semarang merupakan ibukota dari Propinsi Jawa Tengah, selain itu Semarang juga merupakan kota terbesar dan juga pusat ekonomi yang ada di propinsi tersebut. Wilayah Semarang terletak di pesisir bagian utara dari Jawa Tengah, lokasi Kota Semarang juga tergolong sangat strategis pasalnya dilintasi oleh jalur pantura yang menjadi penghubung kota-kota penting di Pulau Jawa seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Hal tersebut menjadikan Semarang menjadi sebuah kota yang ramai.

Semarang juga telah lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang populer di Jawa Tengah, pasalnya kota ini memang menyimpan potensi yang besar dalam bidang pariwisata. Anda akan bisa menemukan berbagai wisata menarik yang ada di wilayah Semarang mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata kuliner, hingga wisata belanja. Bagi Anda yang sedang berlibur di Semarang, tentu saja tidak lengkap jika belum membeli oleh-oleh. Apabila Anda penasaran, pada kesempatan kali ini akan kami ulas oleh-oleh khas Semarang yang paling terkenal.

Oleh-oleh Khas Semarang Yang Paling Terkenal

  1. Lumpia

Salah satu oleh-oleh khas Semarang yang tidak boleh Anda lewatkan adalah lumpia, jenis makanan yang satu ini menjadi favofit para wisatawan yang berkunjung ke Semarang karena rasanya yang sangat lezat dengan isian rebung ayam yang manis dan gurih. Salah satu tempat terbaik untuk membeli lumpia yakni berada di Gang Lombok yang terletak di kawasan pecinan Semarang.

Lumpia
Lumpia
  1. Roti Ganjel Rel

Nama makanan yang satu ini pasti membuat Anda mengerutkan dahi, meskipun namanya terdengar unik, namun roti ganjel rel memiliki rasa yang istimewa sehingga tidak heran jika menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang yang sangat diminati oleh para wisatawan. Roti ganjel rel terbuat dari bahan dasar tepung tapioka, santan, gula, air nira, dan kayu manis yang bagian atasnya ditaburi wijen.

BACA JUGA:  10 Kuliner Malam Semarang Yang Nikmat Dan Lezat
Roti Ganjel Rel
Roti Ganjel Rel
  1. Tahu Bakso

Tahu bakso menjadi oleh-oleh khas Semarang yang juga tidak boleh Anda lewatkan, makanan yang satu ini sangatlah sesuai untuk dijadikan sebagai camilan ataupun lauk makan. Tahu bakso yang paling terkenal di Semarang adalah tahu bakso Bu Pudji yang memulai usahanya pada tahun 1995, tersedia dua jenis tahu bakso yang dijual yakni tahu bakso goreng dan tahu bakso rebus.

Tahu Bakso
Tahu Bakso
  1. Moaci Gemini

Bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas Semarang, maka Anda bisa mampir ke Moaci Gemini yang alamatnya ada di Jalan Kentangan Barat 101, Semarang. Perlu Anda ketahui bahwa moaci dibuat dari adonan tepung ketan yang bagian dalamnya berisi gula dan kacang cincang, kue moaci memiliki tekstur yang sangat kenyal dengan sedikit rasa manis yang akan membuta Anda ketagihan.

Moaci Gemini
Moaci Gemini
  1. Bandeng Juwana

Bandeng Juwana menjadi oleh-oleh khas Semarang yang paling diburu oleh para wisatawan, Anda bisa mampir keJalan Pandanaran 57 dan Jalan Pamularsih 70 untuk membeli bandeng. Anda bisa membeli berbagai olahan bandeng untuk dibawa sebagai oleh-oleh antara lain bandeng asap, bandeng duri lunak, dan otak-otak bandeng, selain itu Anda juga bisa menikmatinya langsung di lokasi.

Bandeng Juwana
Bandeng Juwana

Jika Anda sedang mencari oleh-oleh khas Semarang, maka Anda bisa membeli beberapa oleh-oleh yang telah diulas di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here