Menyaksikan Pesona Wisata Gua Tanding di Gunungkidul Yogyakarta

0
38
Menyusuri Lorong Gua Tanding
Menyusuri Lorong Gua Tanding

Menyaksikan Pesona Wisata Gua Tanding di Gunungkidul Yogyakarta – Yogyakarta merupakan sebuah wilayah di Pulau Jawa yang memiliki status sebagai daerah istimewa setingkat propinsi yang dipimpin oleh seorang sultan yang juga menjabat sebagai seorang gubernur. Daerah Istimewa Yogyakarta wilayahnya bisa terbagi menjadi beberapa kabupaten, salah satunya adalah Gunungkidul. Kabupaten yang satu ini dikenal sebagai daerah yang tandus, meskipun demikian Gunungkidul ternyata memiliki potensi wisata yang sangat besar.

Anda akan bisa menemukan berbagai macam objek wisata menarik yang akan menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya, salah satu objek wisata yang bisa Anda jadikan destinasi pada saat akhir pekan ataupun liburan panjang adalah Gua Tanding. Objek wisata yang satu ini merupakan sebuah wisata gua yang menyuguhkan pesona yang sangat menakjubkan sehingga tentu saja akan sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Apabila Anda ingin mengisi waktu liburan, maka tak ada salahnya jika Anda mengunjungi Gua Tanding yang akan diulas berikut ini.

Menyaksikan Pesona Wisata Gua Tanding di Gunungkidul Yogyakarta

  1. Lokasi dan Akses Jalan Menuju Gua Tanding

Gua Tanding merupakan objek wisata alam yang letaknya berada di Pedukuhan Gelaran II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses jalan menuju objek wisata Gua Tanding tergolong mudah karena kondisi jalan yang sudah bagus sehingga bisa dilewati oleh kendaraan bermotor dengan mudah, Anda bisa mencapai lokasi Gua Tanding melalui rute Wonosari – Jogja menggunakan kendaraan umum.

Lokasi Dan Akses Jalan Menuju Gua Tanding
Lokasi Dan Akses Jalan Menuju Gua Tanding
  1. Pesona Keindahan Gua Tanding

Setelah Anda tiba di lokasi objek wisata Gua Tanding, maka Anda akan segera bisa menyaksikan sebuah gua alami yang sangat menakjubkan. Gua Tanding memiliki kemiripan dengan objek wisata gua lainnya di Gunungkidul yakni Gua Pindul di mana kedua gua ini sama-sama memiliki aliran sungai bawah tanah. Hanya saja bagian dalam Gua Tanding lebih luas dibandingkan dengan Gua Pindul sehingga Anda bisa lebih leluasa menyusuri bagian dalam gua.

BACA JUGA:  Menyaksikan Pesona Taman Belanda di Bantul Yogyakarta
Pesona Keindahan Gua Tanding
Pesona Keindahan Gua Tanding
  1. Menyusuri Lorong Gua Tanding

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Gua Tanding lebih luas daripada Gua Pindul dimana gua ini memiliki lebar 4 hingga 8 meter dan tinggi 4 hingga 11 meter. Anda bisa menyusuri bagian dalam Gua Tanding sepanjang kurang lebih 450 meter menggunakan perahu karet yang memiliki kapasitas hingga 6 orang, waktu perjalanan menyusuri lorong gua yakni sekitar satu setengah jam di mana Anda akan leluasa menyaksikan pesona gua tersebut.

Menyusuri Lorong Gua Tanding
Menyusuri Lorong Gua Tanding
  1. Harga Tiket Masuk ke Gua Tanding

Perlu Anda ketahui bahwa harga tiket masuk ke Gua Tanding tergolong mahal jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya di mana Anda harus membayar sebesar 250 ribu rupiah per orang. Namun harga tersebut sangatlah sepadan dengan pesona yang ditawarkan oleh Gua Tanding di mana Anda bisa menyaksikan keindahannya. Selain itu harga tiket masuk Gua Tanding sudah termasuk tarif sewa perahu karet, pemandu wisata, makanan ringan, serta safety pack.

Harga Tiket Masuk Ke Gua Tanding
Harga Tiket Masuk Ke Gua Tanding

Jika Anda ingin merasakan pengalaman berwisata ke gua, maka Anda bisa mengunjungi objek wisata alam Gua Tanding di Gunungkidul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here