Menyaksikan Pesona Taman Belanda di Bantul Yogyakarta

0
22
Lokasi Dan Akses Jalan Menuju Taman Belanda
Lokasi Dan Akses Jalan Menuju Taman Belanda

Menyaksikan Pesona Taman Belanda di Bantul Yogyakarta – Yogyakarta atau lebih sering disebut dengan nama Jogja merupakan suatu wilayah dengan status daerah istimewa setingkat propinsi yang ada di Pulau Jawa. Yogyakarta menyandang status sebagai daerah istimewa karena wilayah yang satu ini memiliki berbagai keunikan, salah satunya adalah dipimpin oleh seorang sultan yang juga menjabat sebagai gubernur yaitu Sultan Hamengkubuwono X. Yogyakarta juga sering dianggap sebagai jantung budaya Jawa karena masyarakatnya memang masih memegang teguh budaya Jawa.

Tidak hanya itu saja, Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikenal sebagai destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia, pasalnya Yogyakarta menyimpan potensi wisata yang begitu besar dan akan bisa menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Ada berbagai macam objek wisata menarik yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata saat liburan, salah satunya adalah Taman Belanda yang ada di Bantul. Objek wisata ini memiliki pesona yang menakjubkan, berikut ini akan kami ulas pesona wisata Taman Belanda selengkapnya.

Menyaksikan Pesona Taman Belanda di Bantul Yogyakarta

  1. Lokasi dan Akses Jalan Menuju Taman Belanda

Taman Belanda merupakan sebuah objek wisata yang beralamat di Pedukuhan Plambongan, Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang mana lokasinya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta sehingga bisa Anda tempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Akses jalan menuju objek wisata Taman Belanda tidaklah sulit karena kondisi jalannya yang cukup baik dan bisa dilalui kendaraan.

Lokasi Dan Akses Jalan Menuju Taman Belanda
Lokasi Dan Akses Jalan Menuju Taman Belanda
  1. Daya Tarik Taman Belanda

Objek wisata Taman Belanda sebenarnya merupakan sebuah pintu air atau masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai bendungan atau dam yang menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keondahan Sungai Progo. Taman Belanda yang berada di Bantul ini memiliki struktur bangunan yang kokoh dan akan menyerap aliran Sungai Progo sehingga arusnya masuk kedalam kanal yang akan mengalir sejauh 70 km melewati 105 pintu air.

BACA JUGA:  Keindahan Wisata Alam Tersembunyi di Manado
Daya Tarik Taman Belanda
Daya Tarik Taman Belanda
  1. Sejarah Taman Belanda

Perlu Anda ketahui bahwa sebelum dijadikan sebagai objek wisata, pintu air tersebut dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1924 yang peresmiannya dilakukan oleh Sultan Hamengkubuwono VIII. Pada jaman dahulu, pintu air tersebut memiliki mesin pompa yang digunakan sebagai alat penyedot pasir yang ada di bak kontrol, namun mesin pompa tersebut telah rusak dan saat ini telah diganti dengan mesin pompa biasa.

Sejarah Taman Belanda
Sejarah Taman Belanda
  1. Aktivitas Menarik di Taman Belanda

Para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Taman Belanda akan bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang seru dan menarik. Salah satu aktivitas yang selalu dilakukan oleh para wisatawan di Taman Belanda adalah berfoto atau melakukan selfie dengan latar belakang Sungai Progo. Tidak hanya itu saja, para wisatawan juga bisa berjalan-jalan di kawasan Taman Belanda sambil menikmati suasana di sekitar Sungai Progo.

Aktivitas Menarik Di Taman Belanda
Aktivitas Menarik Di Taman Belanda

Jika Anda ingin pergi berwisata ke Yogyakarta, maka tidak ada salahnya apabila Anda berkunjung ke objek wisata Taman Belanda yang ada di Kabupaten Bantul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here