Destinasi Tempat Wisata Menawan di Kalimantan Timur

0
38
Batu Dinding
Batu Dinding

Destinasi Tempat Wisata Menawan di Kalimantan Timur – Sesuai dengan namanya, Kalimantan Timur merupakan sebuah wilayah berbentuk propinsi yang terletak di bagian timur dari Pulau Kalimantan. Propinsi yang memiliki pusat pemerintahan di Kota Samarinda ini memiliki wilayah yang sangat luas dengan totalnya mencapai kurang lebih 245 ribu kilometer persegi, propinsi yang satu ini juga berbatasan langsung dengan Malaysia di sebelah utara serta Selat Makasar di sebelah timur yang memisahkan Kalimantan dengan Sulawesi.

Selama ini Propinsi Kalimantan Timur dikenal akan keragaman flora dan faunanya, selain itu ternyata propinsi ini juga menyimpan potensi yang sangat besar dalam bidang pariwisata. Wilayah Kalimantan Timur memang memiliki berbagai macam tempat wisata menarik yang tentu saja sangat layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata pada saat akhir pekan ataupun liburan panjang. Hal ini tentu akan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya, berikut ini akan kami ulas destinasi tempat wisata menawan di Kalimantan Timur.

Destinasi Tempat Wisata Menawan di Kalimantan Timur

  1. Danau Jempang

Danau Jempang merupakan salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di Kalimantan Timur, perlu Anda ketahui bahwa Danau Jempang yang ada di Kabupaten Kutai Barat ini menjadi danau paling besar yang ada di sepanjang Sungai Mahakam. Danau Jempang memiliki kedalaman sekitar 7 hingga 8 meter yang mana danau ini dikenal akan kekayaan flora dan faunanya.

Danau Jempang
Danau Jempang
  1. Batu Dinding

Tempat wisata kedua yang bisa Anda kunjungi adalah Batu Dinding yang mana merupakan gugusan batu kapur putih yang menjulang setinggi 100 hingga 200 meter dan seolah-olah memagari Sungai Mahakam Ulu. Batu Dinding ini tampak seperti sebuah tembok raksasa sepanjang 800 meter, selain itu tempat wisata ini juga menyuguhkan panorama alam yang mempesona.

BACA JUGA:  Objek Wisata Pantai Jimbaran Bali
Batu Dinding
Batu Dinding
  1. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau merupakan tempat wisata ketiga di Kalimantan Timur yang lokasinya berada di Kota Samarinda. Taman Rekreasi Lembah Hijau sendiri sangatlah sesuai bagi Anda yang menyukai keindahan alam, pasalnya Anda akan bisa menemukan replika hutan lengkap yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon, selain itu Anda juga bisa menemukan kolam pemancingan dan pendopo.

Taman Rekreasi Lembah Hijau
Taman Rekreasi Lembah Hijau
  1. Bukit Bingkirai

Tempat wisata selanjutnya yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Bukit Bingkirai yang terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara. Bukit Bingkirai merupakan sebuah kawasan hutan hujan tropis alami yang dikelola oleh PT Inhutani, kawasan hutan seluas kurang lebih 1500 hektar ini memiliki kondisi alam yang masih sangat terjaga kelestariannya.

Bukit Bingkirai
Bukit Bingkirai
  1. Goa Losan

Goa Losan menjadi tempat wisata kelima yang juga tidak boleh dilewatkan, tempat wisata ini lokasinya ada di Kecamatan Muara Komam. Goa Losan merupakan sebuah goa alami yang memiliki interior yang mempesona di mana Anda bisa menyusuri bagian dalam goa untuk menyaksikan keindahannya dari dekat, namun tentu saja Anda harus ditemani oleh seorang pemandu atau juru kunci goa.

Goa Losan
Goa Losan

Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan di Kalimantan Timur, maka Anda tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata yang ada di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here