Aneka Ragam tempat wisata di Indonesia



Aneka Ragam tempat wisata di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Denhgan fakta tersebut, tidak heran jika Indonesia memang memiliki keanekaragaman budaya, suku, bahasa dan tradisi. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Dari mulai daratan, pegunungan, dan perairan semua memiliki potensi yang luar biasa. Dengan keberagaman dan kekayaan alamnya, Indonesia menawarkan sejumlah objek wisata dengan keindahan yang menawan. Berikut ini kami sajikan beberapa tempat wisata di Indonesia yang patut Anda kunjungi.

  1. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat merupakan salah satu wisata alam di Indonesia yang berada di wilayah timur Indonesia yaitu di provinsi Papua. lokasi wisata yang satu ini menawarkan keindahan laut yang menkjubkan. Nama “Raja Ampat” sendiri bermula dari empat pulau utama yaitu Batanta, Misool, Salawati, dan Waigeo. objek wisata ini cukup terkenal baik di kalangan masyarakat domestik maupun mancanegara. Selama berada di lokasi ini, Anda bisa melakukan snorkeling atau menyelam untuk melihat biota laut yang ada. Menurut The Nature Concervancy, Raja Ampat memiliki 75% biota laut yang ada di dunia. Waktu ideal untuk menjelajah keindahan bawah laut Raja Ampat adalah bulan Oktober dan November dikarenakan kondisi perairannya tergolong ideal.

Wisata Di Indonesia - Raja Ampat, Papua
Wisata Di Indonesia – Raja Ampat, Papua

Usai menyelam, Anda bisa menjelalah daratan sekitar Raja Ampat yang juga tak kalah menawan dengan peraiannya. Anda bisa menelusuri pulau-pulau yang ada disekitar lokasi bahkan mengunjungi tempat tinggal warga setempat yang masih mempertahankan rumah adat Papua. Banyak warga sekitar yang bersedia menjadi pemandu perjalanan Anda. Ada banyak kerajinan yang diproduksi oleh warga setempat yang bisa Anda jadikan buah tangan saat pulang seperti alat musik tradisional Papua dan patung suku Asmat.

  1. Puncak Jayawijaya, Papua

Masih berada di Papua, Indonesia memiliki wisata pegunungan yang fenomenal yaitu Puncak Jayawijaya. Dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl, gunung tertinggi di Indonesia ini juga termasuk dalam kategori 7 gunung tertinggi dunia atau Seven Summmits. Hal yang paling menarik dari Puncak Jayawijaya ini adalah salju abadi yang terhampar luas dipermukaan puncaknya. Di tengah iklim tropis Indonesia, fenomena salju abadi tersebut menjadikan lokasi ini menjadi fenomenal dan istimewa.

Wisata di Indonesia - Puncak Jayawijaya, Papua
Wisata di Indonesia – Puncak Jayawijaya, Papua

Puncak gunung yang ada di Papua ini juga di kenal dengan sebutan Piramida Carstenz. Carstenz sendiri merupakan nama penemu awal puncak Jayawijaya yang memeiliki salju pada tahun 1623. Tidak mudah untuk menaklukan puncak tertinggi di Indonesia ini, selain persiapan fisik yang optimal, biayanya pun tidak murah. Tidak heran jika tempat wisata di Indonesia yang satu ini menjadi impian bagi banyak pendaki.


  1. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja merupakan sebuah kabupaten yang berada di Sulawesi bagian selatan. Tana Toraja merupakan salah satu detinasi wisata budaya di Indonesia yang menawarkan keunikan tersendiri. Suku Toraja yang menjadi penduduk asli Tana Toraja masih mempertahankan budaya dan tradisi leluhur di zaman yang sudah serba modern ini. Kekhasan tersebut yang menjadikan lokasi ini menjadi daya tarik wisata tersendiri di Indonesia khususnya Sulawesi Selatan.

Wisata Di Indonesia - Tana Toraja, Sulawesi Selatan
Wisata Di Indonesia – Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Salah satu tradisi yang masih terjaga di Tana Toraja adalah Rambu Solo yaitu upacara pemakaman. Rambu Solo digadang-gadang sebagai upacara pemakaman termahal yang ada di Indonesia. Dalam prosesi acara pemakaman tersebut diharuskan menyembelih kerbau. Uniknya, semakin kaya seseorang semakin banyak pula kerbau yang harus di sembelih. Acara Rambu Solo sendiri tidak begitu saja dilaksanakan setelah seseorang meninggal, namun menunggu beberapa waktu sampai keluarga mampu melaksanakan upacara pemakaman. Walhasil jenazah disuntik dengan formalin dengan tujuan mengawetkan, juga keluarga masih mengajak jenazah tersebut berkomunikasi.

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu situs warisan dunia yang di tetapkan oleh UNESCO. Candi yang berada di Magelang, Jawa Tengah ini merupakan candi budha terbesar yang ada di dunia. Tak heran jika banyak wisatawan baik lokal maupun internasional yang berkunjung ke slah satu tempat wisata yang bersejarah di Indonesia ini. Candi Borobudur berdiri begitu kokoh dengan 72 stupa dan 54 arca yang tersusun rapi. Seperti tempat ibadah pada umumnya, Candi Boroburud juga masih aktif dijadikan sebagai tempat ibadah umat budha. Saat perayaan waisak, banyak umat Budha dari luar Indonesia berdatangan ke Candi Borobudur. Anda yang non-Budha pun bisa turut menyaksikan pelepasan lampion yang diterbangkan ke langit bersama dengan harapan atau pun do’a-do’a.

Wisata Di Indonesia - Candi Borobudur
Wisata Di Indonesia – Candi Borobudur
  1. Bali

Siapa tak kenal dengan keindahan Bali yang eksotis? Bali merupakan surga wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Dari segala sudutnya, Bali menawarkan eksotisme keindahan yang sangat menawan. Kekayaan alam dan budayanya menjadikan Bali terkenal sampai dunia Internasiona. Bahkan banyak wisatawan asing yang lebih mengenal Bali dari pada Indonesia. Jika Anda mengunjungi Bali, Anda bisa mengunjungi deretan pantai yang sangat menawan seperti Pantai Kuta, Pantai Ubus, Pantai Tanah Lot, Pantai Seminyak, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menelusuri Bali untuk melihat-lihat kekhasan budayanya seperti pura, galeri patung atau lukisan, dan lainnya.

Wisata di Indonesia - Bali
Wisata di Indonesia – Bali
  1. Wisata Pantai Lombok, Nusa Tenggara

Lombok menjadi tempat wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi karena keindahan baharinya. Selain itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke Lombok setelah mereka dari Bali dikarenakan letaknya yang berdekatan. Sama halnya dengan Bali, Lombok menawarkan eksotisme pantai yang begitu mengagumkan. Juga ada Gunung Rinjani yang juga menantang untuk ditaklukan.

Wisata di Indonesia - Wisata Pantai Lombok, Nusa Tenggara
Wisata di Indonesia – Wisata Pantai Lombok, Nusa Tenggara

Sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Indonesia, Lombok memiliki sejumlah pantai dengan kekhasan dan keindahan masing masing. Diantara pantai yang terkenal adalah Pantai Senggigi, Pantai Gili Trawangan, Pantai Kuta Lombok, dan Pantai Pink. Hal yang bisa Anda lakukan di pantai-pantai tersebut adalah snorkeling, berenang, bermain pasir, atau menaiki perahu nelayan menyusuri pantai. Pemandangan di sekitar pantai juga tek kalah menakjubkan dimana Anda dapat menikmati kesejukan angin dan segarnya melihat pepohonan yang menhijau.

  1. Kawah Ijen, Banyuwangi

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Kawah ijen dikenal sebagai kawah ter-asam yang ada di dunia. Hal tersebut menjadi perhatian banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Luas dari Kawah Ijen sendiri adalah sekitar 5.466 hektar degan tinggi dinding kaldera sekitar 300 – 500 meter. Biasanya wisatawan akan berangkat menuju Kawah Ijen pada waktu malam hari. Alasannya adalah untuk menyaksikanfenomena alam yang disebut dengan  blue fire atau api biru yang sangat mengagumkan. Fenomena blue fire sendiri hanya ada 2 di dunia, yaitu di Islandia dan di Banyuwangi. Pada pagi hari, Anda dapat pula melihat golden sunrise di kawasan Kawah Ijen. Kelelahan Anda saat mendaki akan terbayar dengan puas.

Wisata di indonesia - Banyuwangi Kawah Ijen
Wisata di indonesia – Banyuwangi Kawah Ijen
  1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Kemegahan Gunung Bromo menjadi salah satu wisata gunung di Indonesia yang harus Anda kunjungi. Gunung yang berada di perbatasan anatara Lumajang, Pasuruan, Malang, dan Probolinggo ini merupakan gunung berapi yang masih aktif. Dengan ketinggian 2392 mdpl, Gunung Bromo menawarkan keindahan semesta yang begitu elok. Oleh karenanya banyak pendaki yang berdatangan untuk menaklukan puncak gunung ini. Jika Anda berkeinginana untuk mengunjungi salah satu wisata di Indonesia yang satu ini, Anda harus memiliki stamina yang bagus untuk melewati terjalnya pegunungan dan dinginnya udara di ketinggian. Namun, lelah Anda akan terbayar saat Anda telah sampai di puncaknya.

Wisata di indonesia - Gunung Bromo, Jawa Timur
Wisata di indonesia – Gunung Bromo, Jawa Timur

Wisata Di Indonesia   Gunung Bromo, Jawa Timur
Wisata Di Indonesia Gunung Bromo, Jawa Timur
Wisata Di Indonesia   Tana Toraja, Sulawesi Selatan
Wisata Di Indonesia Tana Toraja, Sulawesi Selatan
Wisata Di Indonesia
Wisata Di Indonesia
Wisata Di Indonesia   Bali
Wisata Di Indonesia Bali
Wisata Di Indonesia   Banyuwangi Kawah Ijen
Wisata Di Indonesia Banyuwangi Kawah Ijen
Wisata Di Indonesia   Raja Ampat, Papua
Wisata Di Indonesia Raja Ampat, Papua
Wisata Di Indonesia   Wisata Pantai Lombok, Nusa Tenggara
Wisata Di Indonesia Wisata Pantai Lombok, Nusa Tenggara
Wisata Di Indonesia   Puncak Jayawijaya, Papua
Wisata Di Indonesia Puncak Jayawijaya, Papua
Wisata Di Indonesia   Candi Borobudur
Wisata Di Indonesia Candi Borobudur

Anda harus baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: