Inilah Tempat Wisata di Wonogiri yang Wajib Kamu Kunjungi



4 Tempat Wisata di Wonogiri yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat wisata di Wonogiri yang mesti dikunjungi – Tempat wisata di wonogiri sendiri kebanyakan sangat condong pada nuansa alam yang sangat kental. banyak wisata alam yang kamu temui di tempat ini. Mulai dari wisata pantainya yang bagus sampai bermacam jenis wisata air terjunnya yang juga mengagumkan. Wonogiri sendiri ialah salah satu kabupaten di Jawa lagi yang berbatasan langsung atas Jogja. Ada banyak tempat wisata yang dapat kamu datangi di kota ini.

1. Wisata Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu
Pantai Nampu

Satu lagi tempat wisata pantai yang mesti dimasukan kedalam list tempat wisata di Jawa. Pantai ini dapat dikatakan merupakan primadona tempat dan objek wisata di Wonogiri. Pantai ini sendiri terletak di daerah Paranggupito. Untuk mencapai tempat ini bukanlah hal yang sulit.

Akses untuk mencapai tempat pantai ini sendiri sudah sangat baik. Tak hanya itu penduduk lokal juga sudah mengetahui keindahan pantai ini. Jadi kalau kamu baru pertama kali ke Wonogiri dan ingin berkunjung ke pantai ini tapi takut tersesat, kamu dapat bertanya ke penduduk sekitar.

Untuk mencapai tempat ini sendiri kamu dapat menggunakan bermacam macam kendaraan. kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, seperti bis. Pada saat libur maka jumlah wisatawan yang ada di lokasi ini pun juga menaik semakin ramai. Jangan lupa membawa baju ganti kalau ingin berenang di pantai ini.

2. Wisata Pantai Banyutowo Wonogiri

Pantai Banyutowo
Pantai Banyutowo

Satu lagi wisata pantai yang teradapat di daerah Wonogiri ataupun lebih tepatnya terletak di desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito. wisata pantai yang satu ini masih diatur oleh penduduk sekitar. pemerintah setempat sendiri belum betul-betul memperhatikan perkembangan wisata pantai yang satu ini. walaupun perkembangan dari wisata yang satu ini sangat cepat dan sudah terkenal sampai keluar daerah Wonogiri sendiri.


Pantai ini sendiri ada keindahan yang dapat dikatakan cukup istimewa. pantai ini banyak dikelilingi oleh tebing karang yang cukup curam. Akan tetapi, bukan itu keunikan yang dipunya oleh pantai ini.

Pantai ini bukanlah pantai air asin, tapi pantai air tawar ataupun bisa juga dikatakan pantai air payau. Hal ini karna pantai ini sendiri adalah muara dari sungai bawah tanah yang terletak di bukit-bukit karst kawasan Wonogiri. Ciri yang dipunya oleh pantai ini dan keindahan alamnya membikin pantai ini dapat dibilang salah satu pantai terindah di Indonesia.

Bagaimana. Tertarik untuk berwisata pantai air tawar di Wonogiri ini? Hehehe.

3. Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur

Satu lagi tempat wisata di Wonogiri yang tidak bisa kamu lewatkan. Wisata waduk Gajah bandusa, tempat ini sendiri sudah lama jadi tujuan wisata penting di daerah Wonogiri.

Pengunjung ke tempat ini tidak hanya terbatas pada pengunjung lokal, tapi ada juga wisatwan dari luar kawasan Wonogiri yang ingin menikmati keindahan tempat wisata yang satu ini. Waduk ini sendiri masih berguna sebagai sumber pengairan buat masyarakat Wonogiri, tak hanya itu waduk ini sendiri juga merupakan PLTA yang ada di pulau Jawa.

Waduk atau bendungan yang jadi tempat wisata tidak cuma di tempat ini saja. Bendungan Sidorejo yang saat ini jadi destinasi tempat wisata di Boyolali juga mengalami hal tersebut. Pengunjung yang berkunjung ke waduk ini sendiri dapat menikmati beraneka olahan ikan yang di budidayakan di waduk ini.

4. Air Terjun Watu Jadah

Air Terjun Watu Jadah
Air Terjun Watu Jadah

Satu lagi tempat wisata air terjun di Indonesia yang tidak bisa dilewatkan. Air terjun yang terletak di desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno ini sendiri ialah air terjun yang masih perawan. Tidak banyak yang mengetahui keberadaan air terjun dengan ketinggian 50m ini.

Penduduk lokal Wonogiri sendiri belum terlalu banyak yang mengetahui tempat wisata yang satu ini. Posisi air terjun ini dapat dikatakan cukup tersembunyi maka suasana yang ada di sekitar tempat itu masih sangat asri serta masih begitu asli.

Air terjun ini sendiri terdiri dari 3 buah ala air terjun yang sangat memesona serta sangat bagus. Nama gemblong sendiri berawal dari lempengan batuan yang ada di air terjun terseput. Lempengan batuan yang bertimbun seola-olah memasok impresi seperti gemblong yang ditumpun jadi satu.


Air Terjun Watu Jadah
Air Terjun Watu Jadah
Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur
Pantai Banyutowo
Pantai Banyutowo
7 Tempat Wisata Di Wonogiri Yang Wajib Kamu Kunjungi
7 Tempat Wisata Di Wonogiri Yang Wajib Kamu Kunjungi
Pantai Nampu
Pantai Nampu

Anda harus baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: