6 Tempat Diving Terbaik di Indonesia

0
30
6 Tempat Diving Terbaik di Indonesia

6 Tempat Diving Terbaik di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang pasti saja mempunyai lautan luas serta garis pantai yang panjang. Indonesia jadi salah satu negara yang pastinya mempunyai kekayaan bawah laut yang banyak. tak heran bila banyak turis asing yang berkenan jauh-jauh datang ke Indonesia cuma untuk diving ataupun menyelam buat memandang keindahan alam bawah lautnya. bila kamu adalah pecandu diving, berikut ini terdapat beberapa tempat diving di Indonesia yang bisa didatangi.

  1. Sabang, Aceh
Sabang, Aceh
Sabang, Aceh

Sabang ialah salah satu area administratif di Indonesia dan merupakan salah satu kota yang terletak di paling ujung barat Indonesia. Sabang di ujung Indonesia ini mempunyai beberapa pulau kecil di sekelilingnya yang menarik untuk didatangi.

Salah satu subjek wisata lama di sana yang terkenal ialah Pulau weh Sabang. tak hanya itu ada pula beberapa pulau di sekeliling Pulau weh serupa Pulau rubiah, Seulakom Rondo, dan juga Klah.

Sabang adalah salah satu area yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia serta selat Malaka. Di sana terdapat kurang lebih 20 titik diving yang tersebar dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda dan dapat kamu datangi.

  1. Kepulauan Seribu, Jakarta
Kepulauan Seribu, Jakarta
Kepulauan Seribu, Jakarta

Serupa halnya dengan Sabang, Kepulauan Seribu juga terdiri dari beberapa pulau yang tersebar di wilayah Jakarta Utara. bila kamu tinggal di sekitaran Jakarta ataupun Jawa Barat, maka Kepulauan Seribu bisa jadi salah satu spot diving yang dituju.

Di sana terdapat beberapa alternatif titik menyelam di sebagian pulau. Kepulauan Seribu juga jadi salah satu objek wisata lama di Indonesia yang cukup terkenal oleh wisatawan dalam negeri ataupun asing.

Titik diving di Kepulaian Seribu antara lain gosong congkak, gosong balik layar, gosong Sepa, Pulau kotok, Pulau matahari, Melinjo, kuburan china, Pulau Sepa, serta Pulau putri.

  1. Karimunjawa, Jepara
Karimunjawa, Jepara
Karimunjawa, Jepara

Karimunjawa juga merupakan salah satu objek wisata kelautan yang cukup terkenal di Indonesia. tempatnya yang terletak di Jawa tengah pun membikin banyak wisatawan berdatangan, baik dari arah barat ataupun timur.

Karimunjawa adalah satu gugusan kepulauan dengan jumlah keseluruhan 27 pulau di sekitarnya. Karimunjawa ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara Pulau Jawa. tempat wisata Karimunjawa pun cukup banyak dan menarik untuk didatangi.

Kawasan ini bahkan sudah ditetapkan menjadi salah satu taman nasional dari tahun 2001 silam. Titik diving di Karimunjawa pun berbeda-beda kedalamannya, yaitu antara 5 sampai 40 m.

  1. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
BACA JUGA:  Pantai Terbaik yang Wajib Dikunjungi di Kawasan Wisata Mandalika Lombok
Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Kalau mendengar Pulau Komodo, mungkin banyak yang berasumsi kalau kegiatan di sana yang dapat dijalani hanya memandang komodo saja. tapi hal itu nyatanya salah besar, karena Pulau Komodo juga dapat dieksplor dengan cara yang berbeda.

Salah satunya ialah dengan menikmati keelokan alamnya. Diving juga bisa jadi salah satu kegiatan unik yang dijalani di Pulau Komodo. Pulau ini adalah pulau yang dekat pula dengan Pulau Padar serta Pulau Rinca.

Titik diving di Pulau Komodo dan sekelilingnya terletak di Batu Tigam Batu bolong, pantai Merah, Tatawa Besar, dan juga di Manta point. adapun jenis ikan yang bisa dipandang di dalam air juga bermacam-macam, salah satunya ialah hiu karang.

  1. Pulau Menjangan, Bali
Pulau Menjangan, Bali
Pulau Menjangan, Bali

Pulau menjangan ialah sebuah pulau yang masuk ke administratif Propinsi Bali. Tapi Pulau menjangan juga kerap didatangi dari Banyuwangi ataupun wisatawan yang datang ke Banyuwangi.

Pulau ini terletak di ujung barat Bali serta berbatasan langsung dengan kawasan timur pulau Jawa. Pulau menjangan ini masuk ke dalam taman Nasional Bali Barat (TNBB) yang telah mulai dipublikasikan sebagai tempat wisata yang menarik.

Kalau kamu senang diving dan juga bakal berkunjung ke Bali, maka tempat Pulau menjangan ini bisa jadi salah satu referensi tempat diving di Indonesia yang diusulkan. bahkan Pulau menjangan kerap dikenal sebagai spot diving terbaik di Bali.

  1. Alor, Nusa Tenggara Timur
Alor, Nusa Tenggara Timur
Alor, Nusa Tenggara Timur

Tak hanya Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur pun masih mempunyai tempat diving di Indonesia. yakni Alor. Alor adalah sebutan dari sebuah kepulauan yang terletak di bagian timur dari NTT.

Di sana terdapat banyak spot diving yang dapat dicoba. Spot diving di Kepulauan Alor terlebih menjangkau 30 titik pencarian. tapi sebagian titik pencarian yang paling terkenal adalah Half Moon Bay, Coconut Groove, Baruna’s point, dan masih banyak lagi.

Adapun jenis ikan yang bisa dipandang di Kepulauan Alor kala menyelam antara lain hiu karang, barakuda, penyu, napoleon, dan juga moray eels. tak hanya itu terumbu karang di Alor pun masih sangat alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here